Herd Immunity covid19

Herd Immunity atau kekebalan kelompok adalah kekebalan yang diperoleh dari suatu populasi terhadap penyakit, kekebalan ini diperoleh jika sebagian besar populasi sudah kebal bila tepapar suatu penyakit, sehingga sudah tidak tejadi penularan lagi, walaupun terpapar akan sembuh dengan sendirinya. Herd Immunity yang ideal adalah diperoleh dengan cara natural atau alami, sehingga kekebalan akan bersifat permanen karena tidak tergantung dari bahan dari luar tubuh manusia yang terbatas efikasinya.

Immunitas yang diperoleh secara alamiah yaitu dengan infeksi langsung akan berbeda dengan immnunitas yang diperoleh dari vaksinasi, walaupun sama-sama menginduksi antibody tapi secara nyata infeksi alamiah akan memunculkan antibody terbaik karena diperoleh dari perlawanan terhadap virus aktif (virus hidup) yang masih utuh. Sedangkan dengan vaksinasi, antibody diperoleh dari virus yang sudah dilemahkan/tidak aktif/virus yang mati atau dari replikasi kode genetik virus, sehingga antibody yang diperoleh melalui vaksinasi kalah telak dibandingkan dengan antibody yang diperoleh dari infeksi alami.

Dari sumber virus yang merangsang antibody sudah jelas terlihat kalau antibody alami akan jauh lebih baik dari segi kekuatan maupun dari lifetimenya. Dari data yang diperoleh dari kementerian kesehatan di Israel telah membuktikan hal ini, orang yang divaksinasi akan 6,7 kali lebih mudah terinfeksi kembali dibandingkan penyintas.

Dari Immunitas kita akan bisa menyimpulkan bahwa herd immunitas terbaik adalah herd immunitas yang diperoleh dari cara natural/alamiah sehingga sebaiknya herd immunitas diperoleh sebanyak mungkin dari immunitas yang alamiah. Jadi prosentase orang-orang yang sembuh dari covid tanpa vaksin dalam suatu kelompok akan menentukan kwalitas herd immunitas.

Leave a comment