Menghindari Toxin dari Rice Cooker

Saya berusaha menghindari penggunaan  wajan/panci anti lengket (non stick coating), beberapa kali mencoba selalu anti lengketnya memudar. Lapisan anti lengket mengandung  zat yang akan menjadi toxin (racun) di dalam tubuh. Toxin di dalam  tubuh dapat membahayakan kesehatan dan dapat menimbulkan penyakit terutama kanker.  Beberapa kali saya menggunakan wajan/wok anti lengket tapi dalam beberapa lama kemudian akan mengelupas, pada saat mengelupas pasti lapisan teratas akan terurai dan bercampur dengan masakan yang akhirnya kita makan dan masuk kedalam tubuh dan akan berpengaruh pada kesehatan. Bagi yang senang ke dapur alat masak anti lengket sangat membantu dan membuat kegiatan memasak menjadi lebih mudah. Biasanya saya sering menggunakan pan dan wajan (wok) anti lengket selain kedua alat masak ini, rice cooker mayoritas menggunakan bahan anti lengket.

Bahan anti lengket yang digunakan sekarang ini beragam,  ada   teflon , marble, diamond, keramik dan titanium.  Saya belum coba semuanya tapi saya ragu apa yang lainnya akan bernasib sama dengan sudah saya pakai. Demi menjaga kesehatan Saya sekarang akan lebih hati-hati menggunakan alat masak yang sering digunakan terutama rice cooker karena alat ini kita pakai setiap hari. Beberapa kali saya mengganti rice cooker selalu berakhir dengan lapisan pancinya yang mengelupas, akhirnya nasi menjadi lengket dan susah dibersihkan. Ada juga yang tidak mengelupas tapi anti lengketnya lama-kelamaan memudar dan akhirnya lengket juga. Selama anti lengket berupa lapisan maka kemungkinan mengelupas atau luntur mungkin terjadi tegantung tingkat kekuatan lapisan.

Kerak nasi kuat menempel apalagi beras merah, secara alami kerak nasi bisa lunak dengan air panas.  Setelah disiram air panas kerak nasi mudah di bersihkan dengan langsung menggosoknya, bila kerak agak tebal rendam sebentar saja dengan air panas sambil panci diputar2 sehingga semua kerak yang ada di dinding panci terkena/terendam air panas sebentar, 1 liter air panas sudah cukup.

Oleh sebab itu panci rice cooker lebih baik terbuat dari logam yang kuat tanpa lapisan bisa stainless steel atau logam lain yang keras. Dari segala pilihan yang ada  dipasaran saya pilih rice cooker yang inner potnya (pancinya) terbuat dari stainless steel, memang sekarang  belum banyak rice cooker yang begini.  Alat masak yang terbuat dari stainless steel relatif mudah dibersihkan sehingga panci stainless tidak perlu lagi dilapisi macam-macam yang bisa tidak aman untuk kesehatan. Sebenarnya mencuci panci rice cooker dengan panci stainless steel tidak sulit. Dibanding dengan panci rice cooker  anti lengket yang akhirnya lengket, panci stainless steel  lebih mudah dicuci. Caranya pada waktu mencuci, siram panci yang berkerak dengan air panas, kerak nasi akan menjadi lunak,  kemudian gosok dengan tapas yang menggunakan sabun tidak lama panci akan bersih dan licin kembali.

8 responses to this post.

  1. Posted by Mira on October 2, 2012 at 5:30 am

    Mba Hanifa, merek apa rice cookernya ? sy mmg mau beli yg bahannya stainless steel, tapi dipasaran rata2 pakai lapisan anti lengket ya. Tdk tahu mereknya jadi susah carinya. Tks ya Mba utk infonya

    jawab>
    Mereknya S**k*n merk lain belum tahu. Rice cooker Merk tersebut masih belum memenuhi keinginan saya, seharusnya stainless steel yang digunakan untuk pot rice cooker adalah stainless steel yang terbaik/terkuat karena kerak nasi sangat kuat menempel. Sebelum dipakai, siram bagian dalam inner potnya (pancinya) dengan air panas kemudian cuci yang bersih dengan sabun menggunakan tapas yang agak kasar agar hilang kalo ada lapisan/polesan Mudah-mudahan membantu..

    Reply

  2. Iya, saya jg pake rice cooker merk s*nk*n itu. Tp masalahnya, nasi kok jd cepet benyek ya?😦

    jawab >
    saya pake rice cooker ini kok nggak benyek, biasa aja… coba usahakan air dari penguapannya tidak jatuh ke nasi…

    Reply

  3. yess.. ada lagi bahan yang lain rupanya, hmm setelah ada iklan non pfoa, sekarang nemu yg stainless steel, makasih infonya

    Reply

  4. Posted by Gunawan Ciswanto on April 25, 2013 at 1:19 pm

    saat ini yg paling aman adalah yg bahannya terbuat dari 316 Titanium, itu standart kedokteran untuk ring jantung, pen tulang, implan gigi dan alat2 bedah, logam ini paling tidak luntur saat digunakan, stainless masih luntur, di suhu 49 ” melepas unsur nikel yg meracuni darah. Dari browsing 2 dapat 2 merk yg berbeda sdh masuk Indonesia yg pertama http://saladmastercookware.weebly.com/, yg kedua www. alatmasakaman.weebly.com, harganya memang masih tinggi.

    Reply

  5. Posted by adit on January 5, 2014 at 11:48 pm

    knp tidak dikukus saja? rice cooker bisa buat ngukus apa tdk?

    jawab> rice cooker bisa buat ngukus

    Reply

  6. Halo Mbak, Salam kenal. Saya berencana mengganti rice cooker saya dengan yang lebih aman digunakan. Stainless Steel merupakan salah satu bahan yang aman dibandingkan yang lain.

    Bisakah di share/review produk rice cooker stainless steel yang mbak gunakan?, seperti + dan – nya. Saya tertarik ingin membeli Merek Sa*k*n juga soalnya. Thank you🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: