Presto Listrik

Saya lagi tertarik sama Presto Listrik ( Electric Pressure Cooker ), perlengkapan dapur seperti ini sangat membantu bagi wanita karier yang kerja kantoran, lumayan bisa jadi asisten dirumah.

Saya sudah punya alat ini buatan lokal  ( kalau kwalitas sama  saya lebih suka produk bangsa sendiri)   tapi pertama kali di pakai timernya nggak jalan.   Untungnya masih dalam garansi, jadi diusahakan untuk di bawa ke service centernya. Kalau nanti masih mengecewakan saya berniat beli yang agak bagus tapi merk apa ya ?

Sebelumnya saya menggunakan panci presto biasa, sangat membantu sekali selain cepat juga hemat energi. Keunggunlan dari presto listrik ada timernya jadi kalau sudah di setting bisa ditinggal tidur, mandi atau ditingal pergi ke luar rumah, praktis. Mirip  sama cara kerja rice cooker, kalau rice cooker kan yang dimasak beras tapi kalau pressure cooker yang dimasak bahan mentah lauk pauk, umumnya daging, ayam atau ikan.

Dibilang mirip sekali dengan rice cooker juga tidak, karena kalau masakan terlalu lama ditinggal dalam keadaan warm hasilnya jadi beda dari yang fresh habis dimasak. Kemarin saya coba masak kacang hjau dengan menggunakan presto listrik pada malam hari, karena timernya tidak jalan terpaksa saya tunggu sampai matang lalu saya ubah posisi nya menjadi off  (dalam keadaan warm), tapi  saya lihat besoknya warna kacang hijaunya  berubah berwarna agak gelap. Mungkin untuk masakan tertentu warmnya jangan kelamaan. Menurut saya alat ini cukup recommended lah untuk mempermudah di dapur.

14 responses to this post.

  1. Posted by Dona on December 6, 2008 at 2:27 pm

    mbak Hanifa, yang saya tahu ada merk signora… cuma nggak tahu belinya dimana

    Reply

  2. Posted by Hanifa on December 6, 2008 at 11:37 pm

    coba nanti saya cari di kelapa gading atau di mangga dua. Selain signora apa ada yang merk lain yang branded… saya pernah lihat di kelapa gading tapi bukan signora

    Reply

  3. mbak Hanifa, kacang hijau itu bersifat cepat teroksidasi makanya berwarna agak gelap, kalau mbak mau menggunakan presto saya sarankan menggunakan bahan teflon non-stick.

    Alat dapur saya semua menggunakan alat berbahan teflon.
    (Maklumlah mbak, saya ga berani makan makanan terlampau berlemak, on-treatment neh terhadap kolesterol)

    Reply

  4. Posted by Hanifa on December 7, 2008 at 10:27 am

    wadahnya sih udah terbuat dari teflon… apa karena dihangatkan terlalu lama lebih dari 10 jam dari malam hari sampai besok pagi. Waktu baru matang warnanya hijau bagus…

    Reply

  5. Saya sudah coba masak kacang hijau neh.
    Tanpa gula dan tetap dipanaskan.
    Panci pemanas saya gunakan teflon.
    Hasilnya juga berwarna gelap.
    Masaknya dari pagi, pemanasan terus berlanjut sampai dengan posting ini.

    Reply

  6. Posted by Hanifa on December 8, 2008 at 8:51 am

    Menurut saya kacang hijau tidak bisa dipanaskan terlalu lama , kalau dipanaskan terlalu lama warnanya jadi berubah menjadi gelap. Kayaknya nggak pengaruh pakai teflon atau tidak

    Reply

  7. Posted by wulandari on January 28, 2009 at 2:40 am

    Salam Jeng Hanifa..! Baru-baru ini saya juga masak menggunakan electric pressure cooker MIYAKO EPC 600. Baru beli, harganya nggak mahal amat Rp. 465.000,- Kalau di User Manualnya, “warming” nya jangan lebih dari 8 jam karena dapat merubah warna dan rasa. ya, cabut aja stop kontaknya kalau masakannya mau dibiarin lama di dalam panci pressure. Saya menggunakan resep biasa ada bedanya sih. Contohnya ketika saya buat Semur Ayam, Kalau di alat masak panci biasa 1 ekor ayam 1 liter air, di pressure cuma 600ml aja cukup. tumis bumbu nggak usah pake minyak, langsung aja di panci teflon pressure nya trus masukan ayamnya, trus tutup deh, putar timer di gambar daging ayam. tunggu deh sampai masak sendiri.

    Reply

  8. Posted by Hanifa on January 29, 2009 at 8:32 am

    Thanks mbak Wulan tentang pengalamanya Rupanya ada merk Miyako, saya beli presto ini juga karena tidak ada pilhan lain, waktu itu cuma ada merk lokal ini terpaksa beli deh… Jadi memang nggak boleh lama-lama dalam keadaan warming, dan bisa dibiarkan saja dalam keadaan tertutup dg keadaan listriknya dicabut karena didalam presto steril karena pemanasan yang tinggi. Terus Kenapa nggak tumis pake minyak ? kalau tumis pake minyak kan lebih harum ..

    Reply

  9. Posted by essam on January 26, 2010 at 11:56 am

    rice kooker itu bagus

    Reply

  10. Posted by DENNY ELIYANTI on February 4, 2011 at 8:00 am

    alow mbk saya juga ada info presto listrik http://dennyeliyanti.wordpress.com/macam-produk/dimarco-genius-pressure-cooker/

    lebih lengkap n efisien loh

    salam kenal ya

    Reply

  11. Posted by Yenny on August 4, 2011 at 4:47 am

    Hallo…..
    Salam kenal, meskipun posting ini udah lama tapi saya mau kasih info juga yahh.
    Untuk melihat produk2 Signora dapat membuka web: signoraindonesia.com.
    Disamping presto listrik bisa juga dilihat produk2 Signora lainnya, masa garansi 1tahun untuk mesin and tersedia service center dibeberapa kota besar.
    Moga-moga info ini membantu!

    Reply

    • Posted by wiwit on July 21, 2012 at 1:10 pm

      cara menggunakan presto signora bagaimana ya. Manual book-nya hilang. Saya bisa baca dimana? terima kasih infonya.

      Reply

  12. Posted by Golden wholesaler on October 30, 2011 at 7:44 am

    Hellow Salam Kenal, saya juga ada menjual alat masak sejenis Presto, Silakan kunjungi FB saya di Henz.online@yahoo.com🙂

    Reply

  13. Posted by cerita kalis kukis on October 14, 2015 at 5:50 am

    mbak Hanifa, untuk presto manual dengan kualitas bagus, bisa coba panci presto Isa di web saya http://www.kaliskukis.com ini link ke postingannya http://bit.ly/1a5W9LD
    Selama ini banyak yang menggunakan panci isa karena awet, tahan lama hingga puluhan tahun dan bisa digunakan untuk memasak sehari-hari, misalnya memasak nasi dan hasilnya OK banget. Memang sih bukan produk lokal tapi worthed mbak…

    Reply

Leave a Reply

