Mudahnya Belajar Islam

Kalau dipikir enaknya hidup jaman sekarang, segalanya serba mudah, sepertinya dunia dalam genggaman. Apa saja yang ingin kita ketahui bisa kita cari lewat internet. Bagitu mudahnya kita juga bisa belajar Islam lewat internet yang dapat di akses lewat smartphone atau tablet. Banyak aplikasi islam yang bisa kita download gratis, Alquran dan terjemahan, Hadist, Tafsir, e-book buku-buku  Islam . Belum lagi banyak radio dan TV dakwah Islam yang bisa di download shg bisa didengar melalui streaming, lengkaplah bila kita ingin belajar Islam lewat gadget.

Kita bisa membaca Alqur’an dimanapun tanpa membawa Mushaf Alqur’an, kita bisa membaca Hadist Arbain atau kitab Riyadus Shalihin sambil menunggu keberangkatan di bandara. Saya ingat waktu  masa-masa kuliah dulu dimana ghirah untuk mempelajari Islam lagi tinggi-tingginya saya harus bawa Alquran dan terjemahan tebal ke ruang server, waktu istirahat saat mengerjakan program untuk tugas akhir saya gunakan untuk baca Alqur’an. Saya harus bawa tas besar yang cukup berat.  Tapi sekarang kalau saya sedang mengadakan perjalanan saya bisa baca Alqur’an dan kitab yang lainnya tanpa perlu bawa bukunya yang tebal dan berat. Kita bisa baca Quran dan hadist dimanapun kita berada. Alhamdulillah  kemajuan dibidang teknologi juga menjadikan kita bisa tambah dekat dengan Agama.

Khususnya buat generasi muda yang biasanya semangat belajar agama sedang  tinggi-tingginya, sayang kalau teknologi ini tidak digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat termasuk mempelajari Islam. Banyak sekali aplikasi yang kita butuhkan tidak hanya Alqur’an dan Hadist tapi juga Tafsir Alqur’an, kitab-kitab tentang Tauhid, Fiqih (Ibadah), Akhlaq/adab.  Ada juga aplikasi Belajar Islam membahas mulai adab-adab untuk muslim dan muslimah, kisah-kisah teladan dari orang sholih, sampai dengan ensiklopedia pengetahuan Islam yang dijelaskan secara detail, Bila ingin down load aplikasi-aplikasi ini di android gunakan play store kemudian searching ketik dengan tag yang ingin kita cari, misalnya ketik  Hadist  kemudian klik install, maka aplikasi ini akan langsung terinstall.

bersambung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: