Daging Hewan Qurban

Ada yang sangat spesial pada hari raya Idul Adha, bagi yang melaksanakan ibadah haji adalah peristiwa yang sangat dinanti bagi yang akan melaksanakannya. Bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji, berqurban adalah amalan yang sangat dianjurkan bagi mereka yang diberi kelapangan rizki, hukumnya adalah sunat muakad. Daging qurban akan dibagikan terutama untuk dhuafa dan juga ada bagian untuk orang yang berqurban. Artinya yang berqurban dan dhuafa yang menerimanya sama-sama menikmati daging qurban, disnilah letak keberkahan lain dari qurban ada nilai kebersamaan .

Daging hewan  qurban yang digemari adalah daging sapi dibanding daging kambing, karena sapi lebih banyak dagingnya dibanding kambing. Makanya ibu-ibu lebih senang ikut berkurban 1/7 sapi dibanding 1 kambing. Bagi yang pernah masak daging qurban merasakan kalau daging terasa berbeda dengan daging sapi yang dibeli di pasar. Saya merasakan itu, entah kebetulan atau tidak, beberapa kali saya masak daging sapi yang dibeli dipasar ketika dimasak ukuran daging akan menciut signifikan dibanding daging masih mentah, lain halnya dengan daging sapi qurban, ketika dimasak tidak sebesar daging pasar menciutnya.  Daging yag sudah matang memang akan mengecil ukurannya karena kandungan airnya berkurang, tapi mengecilnya ukurang potongan daging qurban yang saya masak tidak sebesar daging sapi yang saya beli .Apa kebetulan daging yang saya beli adalah daging sapi glonggongan wallahu’alam tapi begitulah kenyataan yang saya alami.

Yang pasti daging sapi qurban benar-benar masih fresh sehingga ketika dimasak dagingnya terasa lebih enak dan gurih. Tentulah beda dengan daging yang kita beli di pasar atau di supermarket, karena sapi yang disembelih pada waktu qurban keadaannya lebih fresh, kita lihat sendiri sapinya selain itu hewan disembelih dan diperlakukan sesuai dengan anjuran agama. Ini juga yang merupakan kerberkahan lain dari daging hewan qurban. Saya pribadi lebih senang masak daging hewan qurban dibanding daging yang saya beli.

Leave a Reply

