Manfaat Medical Check Up

Kemarin hasil medical check up kesehatan pegawai keluar. Berbagai ekspresi keluar dari pegawai setelah melihat “rapot “nya, ada yang kaget ada yang biasa-biasa saja. Tes kesehatan di kantor kami diadakan setiap tahun, ekspresipun beragam. Kalau hasilnya normal maka ekspresi pastilah senang, lain halnya kalau hasilnya diluar normal, . Indikator yang paling sering jadi perhatian dari tes kesehatan adalah kolesterol lengkap, gula darah, tekanan darah, asam urat. Bagi orang yang kelihatan sehat semua indikator nilainya umumnya normal kecuali, empat indikator standar ini.

Untuk membaca hasil tes kesehatan tidak perlu konsultasi ke dokter, karena dari hasil tes kita bisa tahu indikator masih berada diangka normal atau tidak, selanjutnya kita perbaiki pola hidup kita. Informasi kesehatan seperti bagaimana menurunkan kolesterol bisa kita ketahui dengan membaca buku tentang kesehatan, baca artikel kesehatan di internet. Banyak piliha tapi sebaiknya gunakan cara-cara alami. Untuk menormalkan indikatotr2 tsb adalah dengan pola hidup sehat  yaitu makan yang sehat dan olahraga.

Ada manfaat atau tidak dari hasil tes kesehatan tergantung dari sikap orang yang bersangkutan menanggapinya. Ada yang menanggapinya dengan sikap  positif dan menyadari bahwa dia harus memperbaiki pola hidupnya tapi ada pula yang menanggapinya dengan sikap negatif. Ada yang beranggapan kalau hasilnya tidak normal memang sudah dari sononya, keturunan, tidak bisa diubah, karena dia menganggap makanan yang dimakan biasa saja, jadi dia tidak mau berusaha untuk cari tahu dan berubah. Ada pula yang beranggapan hasil tesnya salah.. nah lho !   .  Ada juga yang  lucu,  hasilnya tidak mau diketahui orang lain, takut kalau dibilang jelek kesehatannya🙂

Menurut saya tes kesehatan sangat bermanfaat terutama untuk mengetahui pola hidup kita apa sudah sesuai dengan pola hidup sehat. Itulah manfaat yang sangat penting bukan untuk mencari-cari penyakit sehingga menyebabkan orang menghindar untuk melakukan tes kesehatan.  Hasil tes kesehatan yang kita peroleh itu mencerminkan pola hidup kita, bila hasilnya baik maka harus dipertahankan bila hasilnya jauh dari normal maka kita harus mengubah pola hidup kita.

Bila hasil tesnya tidak berada di nilai normal bukan untuk menjadikan kita stress dan memikirkan terus sehingga membuat hidup tidak nyaman. Hasil tes yang berada diluar nilai normal seharusnya dicari tahu kenapa hasilnya bisa seperti itu, faktor-faktor apa saja dari pola hidup kita yang menyebabkan hasil tes kita seperti itu, lalu ubah pola hidup kearah yang lebih sehat. Jadi hasil tes kesehatan seharusnya menjadi bahan evaluasi bagi seseorang akan pola dan gaya hidupnya apakah sudah sesuai dengan pola hidup sehat apa belum sehingga hasil tes kesehatan itu bermanfaat.

Bila hasil tes kesehatan kita normal maka kita telah melakukan tindakan pencegahan terhadap resiko penyakit  degeratif  seperti penyakit jantung, stroke, diabetes.

Apakah program tes kesehatan yang dilakukan di kantor kami bermanfaat ?  bagi sebagian pegawai bermanfaat. Di awal tes kesehatan dijalankan sebagian besar hasilnya buruk, hasil ini ternyata mempengaruhi pola hidup pegawai terutama pola makan dan gerak tubuh. Setelah tahu hasil tes buruk secara tidak sadar mindset jadi berubah, yang dulu rajin beli gorengan sekarang stop makan gorengan jadi ganti makan rujak, yang dulu malas jalan kaki sekarang jadi rajin jalan kaki. Hasil tes berikutnya sebagian menunjukan perbaikan.

Perubahan tidak terjadi pada semua pegawai, walaupun tahu hasil tesnya jelek tapi individu yang bersangkutan tidak mau merubah pola hidupnya maka tidak ada perubahan pada tes kesehatan berikutnya. Kesimpulan yang saya amati,  kesehatan bisa diperoleh oleh seseorang bila didukung dua hal, yaitu pemahaman  tentang kesehatan dan pengendalian diri..

One response to this post.

  1. Setiap kali medical check up, saya selalu khawatir dengan kondisi mata saya yang terkena buta warna. Bagaimana ya solusinya? Apa bisa bantu saya?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: