Citra Positif Bagi Anak

” Perlakukan seseorang sebagaimana adanya dan ia akan tetap sebagaimana adanya.  Perlakukan seseorang sebagaimana ia dapat menjadi dan seharusnya menjadi dan ia akan menjadi sebagaimana ia dapat menjadi dan seharusnya menjadi ”  (Goethe)

Ungkapan tersebut teringat ketika saya disodorkan oleh anak tentang kemajuan perkembangan siswa yang harus diisi oleh orang tua. Apa yang harus saya tulis ? saya harus jujur tapi apa yang ditulis pasti akan dibaca oleh anak saya. Walaupun ada kemajuan saya masih saja merasa ada yang belum sesuai harapan, mungkin juga harapan saya terlalu tinggi.

Saya mencoba mencari kata-kata yang pas untuk menggambarkan penilaian saya sesungguhnya tapi juga saya mempertimbangkan bagaimana kalau anak saya membaca penilaian saya dan menjadi gambaran bagi dirinya (citra diri). Saya harus ingat kalau berbicara dengan anak selalu harus menggunakan kata-kata positif, saya gunakan saja kata ‘lebih’ yang intinya bersifat relatif dibanding sebelumnya sehingga memang itu yang sebenarnya terjadi tapi juga anak menganggap bahwa dia sudah seperti apa yang saya tulis, seperti ini :

1. Sudah lebih sering sholat di Mesjid
2. Lebih patuh sama orang tua dan tidak membantah.
3. Sudah mau membantu orang tua

Apa yang terjadi ?
Pada waktu kunjungan, anak saya bercerita kalau dia menuruti apa yang saya katakan, untuk belajar tiap hari, untuk selalu menaruh barang/alat tulis di tempatnya, untuk menyediakan buku khusus untuk di robek dan digambar jadi tidak merobek kertas dan menggambar di buku catatan, mengosok gigi yang bersih menjelang tidur malam. Intinya anak saya mengungkapkan secara tersirat kalau dia patuh dengan nasihat saya.
Mudah-mudahan ini tidak sesaat, mungkin benar apa yang dikatakan oleh Goethe diatas, anak akan menjadi apa yang kita katakan atau perlakukan.

Leave a Reply

