Negosiasi

Saya sudah dua kali membaca buku Stephen Covey, suatu kali saya sedang membaca bab tentang Kemenangan Publik yang masih juga belum selesai dan masih saya tandai dengan pembatas buku. Seingat saya karena banyak banyak tugas jadi buku itu belum juga selesai.

Entah kebetulan atau memang sudah takdir saya sedang terlibat  negosiasi yang sangat alot yang hampir membuat saya frustasi dan kehilangan kesempatan.

Saya pernah gagal dalam memperoleh kesempatan karena masalah negosiasi ini. Saya ingin mempelajari kesalahan dulu dan saya ingat teori yang saya ingat yang ditulis dalam buku the 7th habits of Highly Effective People itu dalam masalah ini.

Mungkin juga karena saya sudah dua kali membaca buku itu dan juga kadang saya mengulang-ngulang maka saya teringat point penting yang sangat diperlukan dalam bernegosiasi.
Saya prakterkan apa yang pernah saya baca dan tentu saja saya berdoa supaya saya diberi kesempatan untuk menyelesaikan negosiasi dengan baik.

Poin penting dibahas dan cocok kita gunakan dalam bernegosiasi adalah mendengar empatik. Ini penjabarannya :
“Dalam mempengaruhi orang Anda terlebih dahulu mendengar empatik memasuki kerangka acuan orang lain. Anda melihat dunia dengan cara mereka melihat dunia, Anda mengerti paradigma mereka, Anda mengerti perasaan mereka. Ketika anda mendengarkan orang lain dengan empati, kita memberi orang itu udara psikologis, dan sesudah kebutuhan vital itu dipenuhi kemudian anda dapat berfokus pada pemberian pengaruh atau pemecahan masalah. Kebutuhan akan udara psikologis menimbulkan dampak pada komunikasi di dalam setiap bidang kehidupan”

Belajar dari pengalaman2 sebelumnya dan juga ingat pembahasan masalah ini dalam buku tersebut membuahkan hasil yang memuaskan. Saya dapat mempraktekan karena saya sudah membacanya beberapa kali. Jadi mengulang bacaan selain akan memberikan pemahaman yang lebih sempurna juga membuat apa yang kita baca tersimpan kuat dalam memori ingatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: