Obat Flu Alami

Dua hari lalu saya flu berat, kepala pusing badan rasanya nggak enak, bersin bersin dan hidung ngocor terus seperti keran bocor, tenggorokan sakit, mana hari pertama puasa lagi. Sempat ke dokter dan dikasih obat beberapa macem lumayan banyak, dan dianjurkan untuk tidak puasa dulu. Rugi rasanya kalo harus tidak berpuasa, puasa tetap jalan dan pas buka aku manfaatkan dengan banyak makan dan minum air putih ditambah minum vitamin. Obat dari dokter  tidak aku minum satupun disamping karena tahu efek samping obat aku juga sudah punya cara pengobatan sendiri. Teringat kalimat  dalam pengobatan holistik,

BILA KITA SAKIT DAN KONDISINYA DIPENUHI MAKA TUBUH MEMPUNYAI MEKANISME UNTUK MENYEMBUHKAN DIRINYA SENDIRI. (Dr. Sheigo Haruyama)

Tuhan  menciptakan tubuh manusia sekalian dengan obat di dalamnya  (Dr. Sheigo Haruyama) .

Kondisi bagaimana yang yang harus dipenuhi ?

Nutrisi yang cukup, menghindari makanan/minuman yg memperkuat penyakit dan gaya hidup yang sehat (cukup tidur dan istirahat, kebersihan, tidak stres) Kalau sakit flu berarti daya tahan tubuh menurun dan berarti ada gaya hidup yang salah karena tubuh keletihan, kurang tidur, kurang nutrisi jadi tubuh butuh recovery, intinya tubuh harus istirahat dan diberi asupan nutrisi yang sehat. Jadi salah kaprah kalau org sakit malah tetap beraktifitas dan minum obat. Kecuali vitamin, obat tidak perlu, yang perlu adalah tidur yang banyak, istirahat jangan capek, konsumsi makanan yang sehat dan meghindari pantangannya.

Kalau flu berat biasanya bersin-bersin dan akan produksi lendir yang berlebih di hidung dan juga bisa turun lewat tenggorokan. Usahakan kalau lendir tidak turun ke tenggorokan karena akan menyebabkan sakit tenggorokan. Usahakan agar posisi kepala agak menunduk jangan menengadah supaya lendir hanya keluar lewat hidung dan bukan lewat tenggorokan.Posisi tidur jangan terlentang tapi miring ke kiri atau ke kanan. Kalau lendir lewat tenggorokan akan menyebabkan radang di tenggorokan dan kita akan mengalami sakit tenggorokan dan setelah flunya reda, kita akan menderita batuk.

Bila keluar lendir terus menerus maka tenggorokan lama-lama akan terasa kering dan panas (meradang) karena dehidrasi redakan dengan banyak minum air putih. Yang penting kalau udah flu berat begini perkuat daya tahan tubuh untuk melawan serangan virus dengan makan yang banyak dan bergizi terutama protein, banyak minum air putih, minum vitamn C, serta tidur yang banyak .

Makan yang banyak dan lahap kecuali bila sudah sakit tenggorokan hindari pantangannya, jangan makan dan minum yang dingin, manis, pedas dan berminyak karena tenggorokan tambah meradang. Makan makanan yang agak hambar saja, jangan makan makanan yang merangsang tenggorokan. Minum air hangat lebih baik, teh hijau hangat bagus untuk tenggorokan. Obat untuk sakit tenggorokan yang bagus adalah  banyak minum air putih, kalau ada minum teh hijau hangat sangat membantu ditambah menghisap permen mint free sugar.  Permen rasa mint yang kuat dan free sugar akan sangat membantu, hisap, rasakan dan tahan kehangatannya ditenggorokan. Hisap perment mint ini beberapa kali sehari.

Makan yang banyak dan bergizi dengan tinggi protein, lauk pauk yang rebus-rebusan saja yang pasti telur rebus yang banyak, makan yang banyak dengan 2-3 telur rebus sekali makan. Makan ikan, lebih baik lagi sop ikan. Minum vitamin C, banyak minum air putih, tidur yang banyak dan istirahat. Alhamdulillah walaupun tetap berpuasa tanpa minum obat, sakit flu saya sembuh. Dalam keadaan berpuasa saja flu bisa sembuh tanpa obat padahal makan agak kurang dibanding hari biasa apalagi kalau tidak berpuasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: