Menjaga pH Tubuh Seimbang (1)

Tulisan ini adalah lanjutan dari pembicaran kita tentang penyebab kanker. Untuk menjaga sistem tubuh kita berjalan dengan baik kita harus menjaga keseimbangan pH tubuh kita. Dalam keadaan sehat tubuh kita memiliki keadaan yang seimbang yang disebut Homeostatis, yaitu keadaan dimana sistem pada tubuh kita berjalan sebagaimana mestinya.

Ketidakseimbangan Asam Basa / Asam Alkali

Selama tubuh asam, dapat menjadi kondisi berbahaya yang melemahkan seluruh sistem tubuh, sangat umum saat ini. Ini menimbulkan suatu lingkungan internal yang kondusif terhadap penyakit. Sedangkan lingkungan pH seimbang (balance) memungkinkan fungsi tubuh normal yang diperlukan bagi tubuh untuk melawan penyakit. Tubuh yang sehat mempertahankan cadangan alkali yang memadai untuk memenuhi kebutuhan darurat. Ketika asam berlebih harus dinetralkan, cadangan alkali kita yang habis meninggalkan tubuh dalam kondisi lemah. Menjaga pH seimbang, menurut banyak ahli, adalah kunci penting untuk pemeliharaan kesehatan.

Konsep ketidakseimbangan asam basa sebagai penyebab penyakit bukanlah hal baru. Pada tahun 1933 seorang dokter New York bernama William Howard Hay menerbitkan sebuah buku, A New Health Era  (Sebuah Era Baru Kesehatan)  di mana ia menyatakan bahwa semua penyakit disebabkan oleh autotoxication (atau “keracunan diri”) karena akumulasi asam dalam tubuh.

Dr Theodore Baroody  dalam buku yang luar biasa ” Alkalize or Die” ,  mengatakan pada dasarnya hal yang sama:
Tak terhitung banyaknya jumlahnya penyakit yang bisa diderita. Apapun masalahnya adalah bahwa semua penyakit berasal dari akar penyebab yang sama … terlalu banyak limbah asam jaringan dalam tubuh!-Theodore A. Baroody, ND, DC, Ph.D.

Memahami pH

pH (potensial hidrogen) adalah ukuran keasaman atau kebasaan suatu larutan. Hal ini diukur pada skala 0 sampai 14-semakin rendah pH yang lebih asam, semakin tinggi pH yang lebih basa (atau dasar) . Ketika larutan  bukanlah asam atau basa memiliki pH 7 yang netral.

Air adalah senyawa yang paling melimpah dalam tubuh manusia, yang terdiri dari 70% tubuh. Tubuh memiliki rasio asam-basa disebut pH yang merupakan keseimbangan antara ion positif (pembentuk asam) dan ion bermuatan negatif (alkaline-forming.) Tubuh terus berupaya untuk menyeimbangkan pH. Bila keseimbangan ini terganggu banyak masalah dapat terjadi.

Penting untuk memahami bahwa kita tidak berbicara tentang asam lambung atau pH lambung. Kita berbicara tentang pH cairan tubuh dan jaringan yang merupakan masalah yang sama sekali berbeda.

Uji Keasaman Tubuh Anda atau Alkalinitas dengan strip pH:

Dianjurkan bahwa Anda menguji tingkat pH Anda untuk menentukan apakah pH tubuh Anda membutuhkan perhatian segera. Dengan menggunakan strip tes pH, Anda dapat menentukan faktor pH Anda dengan cepat dan mudah dalam privasi rumah Anda sendiri. Jika pH urin Anda berfluktuasi antara 6,0-6,5 di pagi hari dan antara 6,5 dan 7,0 di malam hari, tubuh Anda berfungsi dalam kisaran yang sehat. Jika air liur Anda tetap antara 6,5 dan 7,5 sepanjang hari, tubuh Anda berfungsi dalam kisaran yang sehat. Waktu terbaik untuk menguji pH Anda adalah sekitar satu jam sebelum makan dan dua jam setelah makan. Uji pH Anda dua hari seminggu.

Selain tes pH urine yang dilakukan dirumah bisa juga melihat pH tubuh kita dengan melakukan tes pH  darah  di klinik yang memiliki  laboratorium yang biasa melakukan medical check up.

Kebanyakan orang yang mengalami ketidakseimbangan pH, bersifat asam. Kondisi ini memaksa tubuh untuk meminjam mineral-termasuk kalsium, natrium, kalium dan magnesium dari organ-organ vital dan tulang penyangga  untuk menetralisir asam sehingga mineral-mineral  ini  akan berkurang dari tubuh. Karena ketegangan ini, tubuh dapat mengalami kerusakan parah dan berkepanjangan akibat keasaman-kondisi tinggi yang mungkin tidak terdeteksi selama bertahun-tahun.

Asidosis ringan dapat menyebabkan masalah seperti:
Kerusakan jantung, termasuk penyempitan pembuluh darah dan reduksi oksigen.
Peningkatan berat badan, obesitas dan diabetes.
Kandung kemih dan ginjal kondisi, termasuk batu ginjal.
Defisiensi imun.
Percepatan kerusakan radikal bebas, mungkin berkontribusi terhadap mutasi kanker.
Gangguan hormon.
Penuaan dini.
Osteoporosis, lemah, tulang rapuh, patah tulang pinggul dan tulang taji.
Nyeri sendi, sakit otot dan penumpukan asam laktat.
Energi yang rendah dan kelelahan kronis.
Pencernaan lambat dan eliminasi.
Ragi / berlebih jamur.

Asidosis berat (tubuh yang terlalu asam/  pH di bawah 5,5 ) dan berlangsung lama bisa menyebabkan penyakit berat seperti tumor, kanker, lupus

PH Urine
Tes urin dapat menunjukkan seberapa baik tubuh Anda membuang cairan dan menyerap mineral, terutama kalsium, magnesium, natrium dan kalium. Mineral ini berfungsi sebagai “buffer.” Buffer adalah zat yang membantu menjaga dan menyeimbangkan tubuh terhadap pengenalan terlalu banyak keasaman atau alkalinitas terlalu banyak. Bahkan dengan jumlah yang tepat dari buffer, kadar asam atau alkali dapat menjadi ekstrem. Ketika tubuh mencerna atau menghasilkan terlalu banyak asam atau alkali, maka harus mengeluarkan kelebihan. Urin adalah cara sempurna bagi tubuh untuk menghilangkan asam berlebih atau zat alkali yang tidak dapat di buffered. Jika rata-rata pH urin di bawah 6,5 sistem penyangga tubuh yang kewalahan, keadaan “autotoxication” ada, dan perhatian harus diberikan untuk menurunkan kadar asam.

Mengembalikan pH Balance dalam Tubuh

Tubuh Anda mampu menyerap mineral dan nutrisi dengan baik hanya bila pH-nya seimbang. Oleh karena itu mungkin bagi Anda untuk mengambil nutrisi yang sehat tapi belum mampu menyerap atau menggunakan nutrisi . Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda harapkan, bahkan program nutrisi yang tepat mungkin tidak bekerja jika pH tubuh Anda tidak seimbang.

pH tubuh manusia sehat adalah mempunyai nilai antara  pH  7 -7,35  yaitu netral sedikit basa (sedikit alkalin). Pada penelitian didasarkan pada hasil tes pH  darah  bayi sehat yang baru lahir  mempunyai nilai pH  7,35.   Semakin dewasa manusia semakin banyak hal-hal yang menurunkan nilai pH,  tubuh semakin asam, semakin tua manusia pH tubuhnya semakin rendah sehingga semakin tua manusia mudah terkena penyakit. Semakin tua di dalam tubuh manusia sudah terakumulasi racun (toxin) yang menyebabkan tubuh semakin asam.

Hal-hal yang menyebabkan pH tubuh menjadi rendah adalah racun (toxin) yang masuk kedalam tubuh melalui makanan/minuman, udara dan gangguan keseimbangan tubuh seperti stress, kurang tidur :

1. Makanan yang menyebabkan asam seperti  protein hewan, lemak, gula, makanan olahan, makanan yang mengandung zat-zat aditif seperti pengawet, perwarna, penyedap, zat-zat kimia dsbnya.

2. Minuman yang mengadung zat-zat aditif, alkohol.

3. Bahan makanan yang tercemar zat-zat kimia, pestisida, insektisida dan sejenisnya

2. Polusi udara

3. Obat-obatan

4. Stress, tekanan emosional seperti marah, sedih, khawatir, resah dsbnya. Suatu penelitian pernah dilakukan orang yang sedang marah pada waktu marah itu di ukur pHnya, ternyata pH nya rendah.

5. Kurang Tidur

6. Kurang serat, makanan yang mengandung serat (sayur) dan buah-buahan selain akan membersihkan saluran pencernaan dari toxin yang menempel juga bersifat basa akan menaikan pH darah.

7. Tubuh kurang gerak, sehingga tubuh kurang oksigen.

5 responses to this post.

  1. Tkanks, info yg bermanfaat!

    Reply

  2. Posted by fransisca on June 1, 2014 at 4:27 pm

    terima kasih informasi ini p yang sangat membantu saya untuk semakin memahami bgaimana sebaiknya saya mengusahakan hidup yang sehat dengan cara yang sederhana

    Reply

  3. Posted by fadli on August 3, 2014 at 2:24 pm

    Thx infonya

    Reply

  4. Posted by lulu on November 10, 2014 at 10:19 am

    Makasih infonyaaa,,,,,

    Reply

  5. Posted by hamdi on July 10, 2015 at 2:52 pm

    Thanks infonya, sangat bermanfaat.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: