Bakso

Ingin buat bakso sendiri, coba Resep Bakso berikut

imagesEE987X8C

BAKSO I

Daging Sapi/paha 500 gram (usahakan daging dalam keadaan kering,kalo basah tiriskan dulu)

Bawang Putih 4 siung
Bawang Merah 4 butir, iris dan goreng
Lada 1/2 sendok teh
Tepung Sagu 6 sdm
Telur 1 butir
Baking Soda 2 sdt
Garam 2 sdt
Es batu 5
(Lebih baik lagi tanpa es tapi daging didinginkan dulu dengan memasukan kedalam kulkas

Cara Membuat :

1. Bawang Putih, bawang merah , lada, garam, daging, baking soda, putih telur dan es batu diblender
dengan Blender daging/chopper, blender sampai halus.

2. Bentuk bulat dengan tangan yang dilumuri minyak.
3. Rebus.

Kuah bakso :

1. Rebus 1 lutut sapi atau 1 sdm daging giling dengan 1 liter air sebagai air kaldu
2. Parut 2 siung Bawang Putih masukan kedalam rebusan kaldu

Sambel : rebus cabe rawit merah, tumis dan beri sedikit air.

Hidangkan bakso dengan mi, tambahkan bawang goreng, seledri, sedikit cuka, sambel, kecap dan saus tomat.

(resep pribadi)

——————————————————————

Ada juga resep dari Dapur Gue

BAKSO II

Bahan:
500 gr daging (sapi ato ikan, ikannya campur udang juga ok)
6 butir bawang merah, jadiin bawang goreng
3 siung bawang putih
1 butir telur
75-100 gr tepung tapioka (untuk bakso ikan aku pake 150gr)
1 sdt baking powder (memberi efek kering renyah, bukan kenyal membal)
1.5 – 2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
(untuk bakso ikan plus 1 sdt gula pasir, 1 sdm saus tiram, 1 sdt minyak wijen. semuanya ini optional aja, tergantung selera)
8-10 butir ice cubes

Cara:
Giling daging/ikan, ice dengan bawang goreng dan bawang putih hingga halus, pindahkan ke baskom.
tambahkan tepung tapioka dan bahan2 lain sambil diuleni dengan tangan sekitar 20 menit.
Istirahatkan 15 menit, uleni lagi sebentar sekitar 10 menit. tekstur adonan jadi lengket & liat.
siapkan air di panci (suhu ruang, bukan panas).
bulat2kan adonan dengan dua sendok ato pake pencetan tangan, langsung masuk ke air. kerjakan sampai semua adonan habis.
panaskan dengan api sedang hingga mendidih dan mengapung, tiriskan.
Biar kaya bakso malang, sajikan dengan kuah kaldu, mi telur, sayur rebus, siomay dan pangsit goreng
Note:
kalo pengen bakso sapi kasar, setengah bagian daging digiling kasar
pengen lebih bagus lagi, masa istirahat disimpen 1 jam di friser
bisa ditambahkan irisan bawang daun (spring onion) kalo suka
takaran tapioka bisa ditambah, maksimal 30% dari berat daging

By: Lia, Dapurgue

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: