Kekerasan dan Pelecehan pada Anak dan Pelajar, Apa yang Salah ?

Beberapa waktu lalu kita terhenyak mendengar berita ada pelajar yang meninggal akibat tawuran. Kejadian serupa terjadi lagi selang beberapa hari kemudian dari sekolah yang berbeda. Apa yang salah dalam pendidikan kita ? Sudah seharusnya sistem pendidkan kita dievaluasi ternyata pendidikan selama ini tidak menghasilkan manusia yang berakhlak, begitu mudahnya anak didik menyakiti, melukai bahkan menghabisi nyawa orang lain. Itu artinya ada yang kurang dari sistem pendidikan kita, dan harus segera diperbaiki. Apakah pendidikan kita sudah mengajarkan semua aspek yang harus dimiliki sebagai manusia yang utuh ? Manusia yang memiliki intelektual dan moral yang tinggi.

Manusia terdiri dari akal dan hati/jiwa, maka seharusnya pendidikan mengisi tidak hanya akal dan tapi juga mengisi hati/jiwa. Manusia yang mudah melukai orang lain adalah manusia yang kosong jiwanya, manusia yang hatinya diisi oleh nafsu.  Tidak salah bila banyak orang mempertanyakan kurikulum yang selama ini diterapkan oleh sistem pendidikan kita. 

Kalau kita perhatikan dari sisi intelektual bisa dikatakan bahan pelajaran anak-anak sekolah sekarang ini jauh lebih berat dan lebih banyak dari jaman saya dulu. Bersamaan dengan beban pelajaran yang berat jam sekolah pun cukup membuat anak merasa letih pada saat anak pulang di sore hari.

Dilain pihak dari sisi moral pendidikan selama ini terasa sangat kurang, ini  bisa dilihat dari kurikulum sekolah.  Padahal  pelajaran  moral tidak usah jauh-jauh mencarinya ke negeri orang. Pelajaran moral paling tinggi dan lengkap ada dalam agama.  Agama tidak hanya mengajarkan akhlak (budi pekerti) tapi  mengajarkan tuntunan hidup (pedoman hidup) serta mengajarkan anak untuk memiliki tujuan hidup yang sebenarnya. 

Saya ingat waktu SD dulu, jam sekolah hanya sampai siang hari, kemudian siang sampai sore mengikuti pendidikan agama (mengaji) di madrasah Muhammadiyah. Pelajaran yang diajarkan tidak hanya baca Al Qur’an tapi semua muatannya seperti akidah dan akhlak. Jadi sejak kecil anak-anak yang mengaji sudah tahu bahwa ada kehidupan sesudah kematian yaitu kehidupan akhirat. Di akhirat manusia akan mendapat ganjaran sesuai perbuatannya selama hidup di dunia, mereka tahu di akhirat nanti ada yg namanya surga yaitu tempat orang2 yg berbuat baik dan neraka tempat orang2 yg berbuat jahat.

Akhlak menjadi pelajaran penting dalam agama islam, akhlak (budi pekerti) adalah prilaku/sikap bagaimana kita ingin diperlakukan oleh orang lain. Anak-anak diajarkan untuk tidak menyakiti orang lain, tidak mengambil yang bukan haknya (mencuri), tidak merugikan orang lain. Anak-anak diajarkan kejujuran, sabar, ikhlas, sopan santun, tidak mengerjakan hal yang tidak bermanfaat dll.

Anak juga diajarkan tentang aurat yaitu bagian tubuh yg tidak boleh dilihat oleh orang lain. Membunuh, berzina, durhaka pada orang tua adalah dosa besar. Orang yang berdosa tempatnya di Neraka. Adakah ajaran moral yang lebih tinggi dari ajaran agama ini ?

Coba kita perhatikan sekolah umum sekarang ini, belajar di sekolah sampai sore hari sehingga tidak ada waktu lagi bagi anak untuk belajar agama (mengaji). Sementara itu kurikulum di sekolah umum, pelajaran agama sangat sedikit dibanding pelajaran akademis. Dari sekian puluh jam seminggu pelajaran agama hanya mendapat jatah 2 jam seminggu. Artinya pendidikan moral tidak menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan di tanah air.

Dengan porsi yang sedemikian apa bisa diharapkan anak memiliki moral yang cukup ? ditambah lagi makin terbukanya informasi negatif yang mudah diakses oleh anak dan remaja, maka tidak heran kalau banyak terjadi masalah penyimpangan moral yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dan masyarakat. Tindakan asusila, tindakan kriminal dan penyakit sosial lainnya akan menjadi beban bagi masyarakat dan pemerintah. Apakah masih belum cukup bukti bagi kita untuk segera kembali menghidupkan agama dalam pendidikan anak-anak kita ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: