Prinsip Kepemimpinan Antar Pribadi

Kemampuan bekerja sama adalah faktor yang sangat penting dalam kehidupan modern. Bila kita bisa menghasilkan satu maka dalam kerja sama kita dapat menghasilkan berlipat-lipat. Dalam kehidupan yang melibatkan lebih dari satu orang maka diperlukan kemampuan kerja sama yang baik apakah itu dalam bentuk pertemanan, keluarga, organisasi apalagi perusahaan. Dalam bukunya The Seven Habits of Highly People, Stephen R. Covey menuangkannya dalam satu bab khusus yaitu Prinsip kepemimpinan Antar Pribadi. Prinsip ini didasarkan atas berfikir menang/menang. Bila kita membina akan membina suatu hubungan yang produktif maka berfikir menang-menang atau win-win solution adalah yang terbaik.

Menang/menang adalah kerangka pikiran dan hati yang terus mencari keuntungan bersama di dalam semua interaksi manusia.

Lima Dimensi Dari Menang-Menang

1.  Karakter

a. Integritas

Integritas adalah nilai yang kita yakini dan kita jalankan sesuai dengan nila-nilai itu setiap saat dengan selalu berkomitmen dengan nilai-nilai itu.

b. Kematangan.

Kematangan adalah keseimbangan antara keberanian dan pertimbangan. Jika seseorang dapat mengekspresikan perasaan dan keyakinan dengan keberanian yang diimbangi dengan pertimbangan akan perasaan dan keyakinan orang lain, maka ia sudah matang, khususnya jika persoalannya sangat pentong bagi keduabelah pihak. Untuk itu anda tidak hanya harus baik tetapi juga harus berani. Anda tidak hanya harus berempati tapi juga anda harus percaya diri.

c. Mentalitas Kelimpahan

Mentalitas kelimpahan merupakan paradigma bahwa ada banyak diluar sana untuk semua orang. artinya bahwa kalau kita dapat lebih maka orang lainpun bisa dapat lebih.

2. Hubungan

3. Kesepakatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: