Mengajarkan Agama pada Anak (3)

Ada kata-kata bijak “Pendidikan adalah apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar” adalah tepat adanya. Perhatikan lingkungan tempat tinggal, tontonan serta prilaku kita sebagai orang tua, karena hal-hal ini sangat mempengaruhi anak.

Selain melalui contoh-contoh aktifitas ritual prilaku sehari-hari orang tua dan lingkungan juga akan mempengaruhi anak. Jangan sekali-sekali berbohong, tidak menepati janji pada anak, memaki, berkata kasar prilaku seperti ini akan ditiru olah anak.

Menurut Imam Al Ghazali dalam bukunya Ihya Ulumudin orang tua wajib  mengajarkan  ilmu agama pada anak-anaknya. Kalau orang tua mempunyai waktu/kesempatan dan  juga memiliki ilmu  orang tua bisa mengajarkan sendiri anak  dalam masalah agama, tapi kalau orang tua tidak bisa melakukannya sendiri oleh karena tidak cukup ilmu atau tidak  mempunyai waktu/kesempatan maka orang tua wajib membayar orang yang ahli untuk mengajari anak  masalah keagamaan.

Memberi pendidikan agama pada anak bisa dengan memasukan anak ke sekolah yang baik pendidikan agamanya atau mendatangkan guru agama (les privat) ke rumah. Ilmu agama yang diajarkan pada anak adalah selain belajar membaca Alqur’an juga meliputi Akidah, Ibadah dan Akhlak. Kewajiban pemberian pendidikan agama ini adalah kewajiban yang dibebankan kepada  tua karena nanti di akhirat orang tua akan diminta pertanggungjawaban masalah pendidikan agama pada anak-anaknya.

Ajarkan anak untuk senang membaca

Gemar membaca akan memberikan peluang pengajaran agama pada anak, kenapa ? karena hanya dengan gemar membaca akan memberi akses pada diri anak untuk mendapatkan nilai-nilai agama. Sudah sering kita dengar orang-orang yang terbuka hatinya karena tersentuh dengan bacaan bahkan orang-orang non muslim yang masuk islam umumnya mendapatkan hidayah karena membaca. Maka dari itu sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak untuk gemar membaca. Setelah anak senang membaca belikan buku-buku cerita yang mengandung nilai-nilai islam. Orang tua perlu menyediakan buku-buku tentang  islam di rumah, tafsir Qur’an dan Hadist adalah buku yang harus ada di rumah seorang muslim, letakan di rak buku yang mudah terlihat dan terjangkau oleh anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: