Pengobatan Alami (Naturopathi)

Beberapa buku yang terakhir saya baca adalah buku bertema kesehatan populer,  seperti buku tulisan Hiromi Sinya, Jerry D Gray, Mehmed Oz, Siego Haruyama dll.  Saya  ingin sekali menyimpulkan dan mengambil benang merah dari beberapa buku ini. Saya mulai dengan intisarinya dulu ya.  Intinya You are what you eat, you are your life style. 

Kesehatan anda tergantung dari apa yang anda makan, dan kesehatan anda juga bergantung dari gaya hidup anda. Begitu kira-kira arti slogan tersebut.  Jadi untuk menjadi sehat seseorang bukan dengan obat tapi dengan mengatur pola makan dan gaya hidup.   Kesehatan seseorang adalah akumulasi dari pola makan dan gaya hidupnya, apa saja yang sering dimakan, bagaimana pola tidurnya, pikiran dan perasaan  sangat mempengaruhi kesehatan.

Selama ini kita menyerahkan urusan kesehatan pada dokter dan para medis, padahal kesehatan mutlak berada ditangan kita sendiri.  Sejatinya sakit merupakan indikasi bahwa kita berada dalam  ketidakseimbangan di dalam tubuh, tubuh memberikan tanda yaitu dengan sakit yang merupakan gejala.  Tubuh kita merupakan sebuah sistem yang harmonis, yang memerlukan input dan keadaan yang mendukung agar sistem tubuh berjalan semestinya. Bila kita jatuh sakit maka ada sesuatu keadaan yang mengganggu kinerja sistem pada tubuh,  kita merasa sakit yang merupakan gejala bahwa ada yang tidak beres pada sistem. Pengobatan yang sebenarnya adalah memperbaiki agar sistem bisa berjalan semestinya.

Tuhan telah menciptakan tubuh manusia amat sempurna. Tubuh manusia dirancang sehingga apabila kita sakit, tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri apabila kondisinya dipenuhi. Bila jatuh sakit berati harus ada yang diperbaiki dalam hal makan dan gaya hidup walaupun perlu obat maka obat-obat yang digunakan adalah obat yang telah disediakan oleh alam.

Paradigma demikian bukanlah hal yang baru, pada awal berkembangnya ilmu kedokteran/ pengobatan meletakan dasar-dasar seperti itu. Pengobatan yang dilakukan juga dengan menggunakan obat-obatan alami yang berasal dari tumbuhan dan hewan. tapi setelah ditemukannnya antibiotik maka obat menjadi sebuah industri maka ilmu kedokteran bercampur dengan kepentingan ekonomi yang menjadi ujung tombak industri farmasi.  Pergeseran pengobatan yang sudah ada sejak jaman dahulupun makin pudar ditelan cara-cara pengobatan modern .

bersambung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: