Gangguan Tidur Menyebabkan Nyeri

Penelitian terbaru oleh John Hopkins University menyatakan bahwa tidur yang terganggu bisa menyebabkan rasa sakit yang kronis di seluruh tubuh. Penelitian itu melibatkan 32  wanita sehat yang dimonitor selama 1 minggu.

Para sukarelawan dibagi menjadi 2 kelompok ,  selama 3 hari satu kelompok dibangunkan dari tidurnya setiap  jam selama 8 jam, kelompok yang lainnya dibiarkan tidur nyenyak selama 8 jam. Hasilnya kelompok yang terganggu tidurnya langsung merasakan nyeri di seluruh tubuh begitu bangun pagi pada hari pertama dan rasa sakit tersebut semakin meningkat setiap hari selama 3 hari percobaan.

Nasehat Sarah Saleck MD spesialis  syaraf dan masalah tidur bila Anda terbangun tidur ditengah malam segera usahakan tidur lagi, jika sulit tertidur lagi gunakan cara berikut. Tarik nafas dalam dan hitung nafas anda maka Anda akan tertidur nyenyak kembali jangan malah minum kopi atau minuman yang mengandung alkohol  malah justru akan menyebabkan Anda sulit tertidur kembali. Demikianlah nasihat Sarah Salleck  dan 2 atau 3 jam sebelum tidur malam  janganlah minum minuman yang mengandung  kafein .

Majalah Nirmala 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: