Teh hitam menekan aterosklerosis dan serangan jantung

 Semakin  jelas manfaat yang bisa didapat dari minuman Teh Hitam. Dalam sebuah Talkshow yang diprakarsai oleh The Hitam Mindtea dan disiarkan di Women Radio 94.3 FM bersama Prof.Dr.dr.Dede Kusmana SpJP(K), dan Dadan Rohdiana ST,MP peneliti dari Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung.

Kedua pakar tersebut memberikan penjelasan yang cukup rinci dan mendetail mengenai peranan teh untuk kesehatan terutama bagi penyakitnjantung dan stroke.Dalam suasana talk show di radio yang nampak santai, bapak dengan 7 gelar namun lebih menyukai dipanggil “pakDede” ini mengatakan, sebagaimana kita ketahui bahwa teh memiliki senyawa flavonoid dalam bentuk katekin dan

theaflavin yang bisa memperbaik dan menjaga dinding pembuluh darah dari aterosklerosis, yaitu salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa “Sebagaimana kita tahu bahwa proses aterosklerosis itumenyebabkan pembuluh darah akan kaku dan menyempit, sedang kandunga katekin dan theaflavin yang terdapat di dalam teh itu akan melebarkan,dengan begitu akan memperlancar pembulh darah.” kata bapak yang merupakan salah satu founding father Yayasan Dewi Sartika cikal bakal Yayasan Jantung Indonesia dan juga deklarator dari Indonesia TEH Lovers, sebuah komunitas pecinta & peminum Teh Indonesia.

 

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa stroke itu prosesnya hampir sama dengan penyakit jantung, karena menyangkut pembuluh darah. Dan teh memiliki sifat melindungi dinding pembuluh darah.

Disamping itu teh juga memiliki sifat antiagregasi. “Di dalam tubuh terdapat sel-sel darah merah,sel darah putih dan sel-sel pembekuan darah. Bila ini mengumpul atau bersatu, itu akan menjadi seperti gundu dan bisa menyangkut di pembuluh darah. Teh dengan kandungan katekin dan theaflavin ini memiliki kemampuan bisa memecah atau mencegah terjadinya agregasi”.

Sementara Dadan Rohdiana menambahkan bahwa semakin tinggi kandungan polifenol di dalam teh, maka semakin tinggi pula manfaat kesehatan yang bisa didapatkan oleh tubuh. Teh Indonesia adalah berasal dari varietas Assamica yang memiliki kandungan polifenol lebih tinggi daripada varietas Sinensis.. Dengan bahan baku polifenol tinggi ini,  sebenarnya teh Indonesia memiliki potensi sebagai minuman kesehatan yang cukup potensial.

 

Berkaitan dengan stroke, peraih research award pada Ocha (Tea) festival Shizuoka Japan 2004 ini mengatakan bahwa menurut penelitian yang dilakukan di Belanda disebutkan bahwa pria yang mengkonsumsi polifenol lebih tinggi memiliki resiko serangan stroke 73% lebih rendah daripada pria yang hanya mengkonsumsi polifenol lebih sedikit.Dimana the hitam merupakan penyumbang terbesar atau sekitar 70% pada diet orang-orang dalam penelitian tersebut kata pria kelahiran tahun 1973 ini.

Secangkir teh kata ‘pak Dede’,memiliki efek maksimal setelah sekitar 1,5 jam, dimana dinding pembuluh darah akan melebar (vasodilatasi),sehingga peredaran darah menjadi lanar termasuk ke ginjal, sehingga ginjal bisa bekerja dengan optimal. Maka bila ada anggapan yang beredar di masyarakat bahwa minum teh akan merusak ginjal itu merupakan suatu anggapan yang tidak benar.

Dengan begitu banyak manfaat yang terkandung di dalam teh, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsinya kata pk Dadan. Secangkir teh adalah kehangatan yang menawarkan kenikmatan juga kesehatan, sesuatu yang kini semakin mahal harganya. (HGN)

 Contributed by Irfan Arief Friday, 08 August 2008

National Cardiovascular Center Harapan Kita

http://www.pjnhk.go.id Powered by Joomla! Generated: 19 October, 2009, 10:05

 

One response to this post.

  1. Mana yang lebih baik untuk jantung kita, minum teh hitam saja atau teh manis ? saya pernah dengar tentang khasiat red wine dan teh hitam, dengan dosis tertentu akan sama baiknya untuk jantung, harap info, ya…Terima Kasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: