Tips dalam Membeli Buku

Biasanya kalau mau hunting buku tidak bisa dalam waktu singkat, kecuali kalau sudah tahu buku apa yang ingin di beli. Lagipula tidak selalu isi buku seindah judulnya, jadi paling tidak kita bisa melihat sekilas isi buku, apa saja yang dijabarkan di dalam buku, sesuai tidak dengan apa yang ingin kita ketahui. Metode membaca sekilas sangat membantu dalam keputusan dalam membeli buku, tentu kita tidak ingin buku yang kita beli sia-sia tidak dibaca.

 Berikut tips untuk mempertimbangkan dalam membeli buku :

1. Tentukan topik buku apa yang ingin kita beli, misalnya tentang financial planning. Banyak penulis membahas tentang masalah ini, ada buku yang ditulis oleh penulis luar maupun dalam negeri. Biasanya penulis luar lebih fokus dan detail dalam tulisannya  karena sudah proven diterima di berbagai negara.

2. Kadang-kadang kita tidak tahu ingin membeli buku apa, sebenarnya banyak hal yang belum kita ketahui dan kita perlu tahu, ide itu bisa datang dengan melihat-lihat buku yang di display baik di pameran maupun di toko buku besar. 

3. Window shoping (melihai-lihat)  buku-buku yang di display sangat perlu, kalau perlu dan kuat kita jelajahi semua rak-rak buku  bidang yang kita minati yang ada ditoko buku/pameran, selain untuk mencari ide juga untuk membandingkan buku-buku yang membahas  topik yang sama.

  4. Kalaupun kita belum tertarik pada suatu bidang dengan window shoping ke toko/pameran buku bisa memberikan inspirasi bagi kita untuk mempelajari sesuatu yang kelak bermanfaat bagi kita.

5. Sebaiknya kita tertarik pada bidang-bidang yang sangat penting bagi kehidupan kita misalnya peningkatan pemahaman agama, kesehatan atau bidang-bidang dimana kita masih punya kelemahan. Buku-buku tentang bagaimana menjaga kesehatan sangat penting, jangan sayang mengeluarkan uang untuk membeli buku tentang  pemeliharaan  kesehatan. Harga buku tidak sebanding dengan biaya kesehatan yang harus kita tanggung bila kita sakit karena kita tidak paham tentang bagaimana menjaga kesehatan

6. Jadilah orang yang Opend Minded, sehingga  kita banyak belajar tentang banyak hal yang akan memperkaya hidup kita. Sekarang ini apa aja ada bukunya, buku-buku How To sangat membantu. Kita beruntung jaman sekarang banyak orang berbagi ilmu lewat buku sampai ada buku bagaimana caranya menservice AC sendiri.

7. Bila ingin membeli buku baca  ringkasan yang biasanya ada di cover belakang, baca pula kata pengantar dan daftar isi. Penting untuk menscreening halaman buku, apa yang dijabarkan oleh buku walaupun tidak semua halaman, paling tidak kita bisa menemukan bagian-bagian penting dan berharga yang ditulis,  sehingga menarik bagi kita untuk membeli buku tersebut.

8. Hal yang tak kalah penting yang menjadi pertimbangan kita untuk membeli buku adalah penulisnya, kredibilitas penulis akan sangat menentukan kwalitas isi buku. Sebaiknya beli buku yang penulisnya telah melakukan apa  yang ditulis jadi bukan sekedar teori.

9. Jangan membeli buku yang masih dalam plastik, sehingga kita tidak tahu sama sekali isi bukunya.

10. Buku-buku yang jadi Best Seller bisa menjadi pertimbangan dalam membeli buku.

3 responses to this post.

  1. Jangan lupa
    buku tersebut harus bagus jangan buku rusak nanti halamannya yang penting sudah robek atau hilang dirobek orang

    Salam kenal

    ditunggu dukungan dan kunjungannya

    terimakasih

    Reply

  2. Kabari kalau sudah ada sambungannya teh Hanifa🙂

    Reply

  3. Posted by Hanifa on March 21, 2009 at 1:55 am

    iya nih mas Silmi saya belum sempet nerusin ini tulisan, lagi sok sibuk, Insya Allah saya terusin pelan-pelan… (kirain nggak ada baca :)). Cuma gimana cara ngasih kabarnya ?🙂
    sering mampir tapi nggak berubah ya , nggak apa-apalah …cuma di klik aja…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: