Membuat Target di Awal Tahun

Dalam suasana awal tahun banyak diantara kita yang sudah memasang target yang ingin dicapai dan membuat rencana. Memang sebaiknya seperti itu, kalau  ada orang yang bilang ” hidup saya mengalir sajalah….” , kalau mengalir seperti air, air akan mengalir ketempat yang lebih rendah, bagaimana kalau mengalirnya ke selokan ?.

Merencanakan sesuatu yang ingin dicapai adalah suatu keinginan untuk berubah kearah yang lebih baik.. Terkait dengan perubahan yang kita inginkan kita tentu masing-masing mempunyai keinginan, harapan dan impian

 

Masa lalu merupakan pengalaman yang berharga bagi kita, baik itu pengalaman yang baik maupun pengalaman yang buruk. Apa yang harus kita perbuat  dengan pengalaman masa lalu adalah menginventarisasi dan merekapitulasi, sehingga pengalaman masa lalu menjadi pelajaran untuk menghadapi masa yang akan datang.

 .

Masa lalu bukanlah penentu di masa datang. Kalau kita hendak berjalan maju  jangan lihat kebelakang nanti tersandung, kalau kita ingin naik lihatlah ke atas. Kita lupakan kesalahan-kesalahan masa lalu untuk hidup baru di masa sekarang.

Masa sekarang adalah masa yang dapat kita usahakan dengan sebaik-baiknya dan kita dapat mengambil sikap terhadap apa yang terjadi. Sekarang adalah kenyataan. Masa sekarang adalah penentu dimasa yang akan datang, apa yang kita perbuat dimasa kini akan membawa hasil dimasa yang akan datang.

.

Masa yang akan datang adalah tempat kita menaruh harapan,  dengan harapan kita dapat mengambil sikap apa yang harus kita ambil agar harapan itu bisa terwujud. Selain untuk memotivasi harapan juga merupakan refleksi dari doa yang ada dalam sanubari walaupun itu tidak terucap.

Masa yang akan datang adalah hasil dari masa sekarang oleh sebab itu bila kita mempunyai keinginan dan harapan, kerjakanlah sekarang hal-hal yang ada hubungannya dengan keinginan dan harapan kita itu.

.

 

 

Bila kita ingin mendapat maka kita juga harus memiliki keinginan. Keinginan haruslah lebih besar dari kemampuan kita agar kita berusaha meningkatkan kemampuan kita untuk mencapai keinginan itu.

Jadikanlah diri kita pantas untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Keinginan bisa dibangun atas dasar 2 kekuatan :

1. Sangat tertarik untuk berhasil.

2. Sangat takut untuk tidak berhasil atau gagal.

.

Setelah kita mempunyai keinginan, harapan atau impian maka tugas kita adalah menghubungkan apa yang akan kita kerjakan dengan apa yang kita inginkan dimasa depan.

Kalau kita ingin lulus dengan hasil yang baik nanti maka kita sekarang harus rajin belajar. Bila kita ingin mempunyai karier yang bagus maka kita harus sunguh-sungguh bekerja dan terus meningkatkan kemampuan, Jadi ada hubungan antara perbuatan kita sekarang dengan apa yang kita inginkan.

Jadi hasil apa yang akan kita peroleh nanti tergantung apa yang kita kerjakan sekarang, jadi berlaku sebab akibat.

Hasil yang baik  harus ditempuh dengan 3 cara-cara yaitu : berfikir yang baik, perasaan yang baik dan berbuat/bertindak yang baik.

 

 You can’t change the direction of wind but you can change the direction of wings
Anda tidak bisa merubah taqdir tapi anda dapat merubah sikap Anda terhadap taqdir.

 

(dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: