Menyikapi Tahun Baru

“Ngapain Malam Tahun Baru ?”, begitu lontaran kalimat ditilpon pagi tadi dari seorang kerabatku. Semalam aku tidur seperti biasa dan bangun pagi-pagi subuh untuk melaksanakan sholat.

Mungkin pertanyaan itu lumrah untuk sekarang ini, malam tahun baru diisi kegiatan yang bersifat meluapkan kegembiraan, apapun namanya itu. Sebenarnya apa yang membuat orang gembira dengan menyambut tahun baru, aku tidak persis tahu, mungkin karena sudah diberi umur panjang dan bertemu dengan tahun yang baru ini.  Bukankah perayaan tahun baru berasal dari budaya Western..

Kalau mengingat tahun baru aku selalu ingat akan hadist Rasul, ” …Orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang beruntung, Sedangkan orang yang hari ini sama saja dengan hari yang kemarin adalah orang yang merugi dan Orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin adalah orang yang celaka”.  

Hadist ini mengandung Muhasabah,  akankah kita termasuk orang yang beruntung. Pada saat-saat ini di pergantian tahun yang paling tepat adalah dengan melakukan Muhasabah (Introspeksi) .  Bagaimana sikap kita di tahun yang lalu yang harus kita perbaiki, mumpung masih diberi umur.  Dengan menyadari ini kita bisa melakukan evaluasi sehingga kita bisa memperbaiki diri untuk masa kini di tahun yang baru.

Sebaiknya kita menyikapi waktu dengan melakukan perbaikan dan kebaikan. Seiring berjalannya waktu yang terus berganti, sudah seharusnya di dalam diri kita terjadi peningkatan dalam berbagai aspek kehidupan. Seperti peningkatan amal ibadah, ilmu dan akitivitas yang dilakukan sehari-hari.

Bila kita lihat kembali ke belakang terasa cepat sekali waktu berlalu, sedangkan waktu yang akan datang masih misteri tapi yang pasti kehidupan akan berakhir. Sungguh sebenarnya waktu kita di dunia ini untuk mengumpulkan tabungan untuk kehidupan akhirat terlalu sedikit, sedangkan kita berada di akhirat untuk selama-lamanya

 

One response to this post.

  1. Perbaikan terus menerus. Mulai dari diri & keluarga sendiri.
    Smoga Allãh swt menolong bangsa ini…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: