Bahagia Ada Dimana ?

                Saya ingat dalam suatu ceramah seorang Da’i menyampaikan tentang suatu yang dicari semua orang yaitu bahagia. Beliau bilang  bahwa bahagia itu adanya di dalam angan-angan.  Mungkin diantara kita banyak yang protes, tapi kalau kita renungkan pernyataan itu memang benar adanya.   Coba saja kalau kita ditanya, apa sih yang  membuat kita bahagia, hampir jawabannya bila kita memiliki apa yang menjadi idaman kita yang tentunya belum kita miliki saat ini.

Bila kita seorang mahasiswa kita akan merasa bahagia bila kita lulus dengan baik, setelah lulus kuliah kita nanti akan merasa bahagia kalau kita sudah bekerja dan mempunyai uang sendiri. Setelah bekerja dan mendapatkan gaji mulai berfikir betapa bahagia kalau gaji kita 10x lipat dari gaji sekarang…. begitu seterusnya seakan-akan kebahagiaan itu tidak pernah dicapai. Kalau begitu artinya selama ini kita tidak bahagia.

Ada yang bilang bahagia itu adalah kaya, punya jabatan, punya keluarga, terkenal dll ,  jadi bahagia itu relatif sifatnya. Memang bila orang sudah mencapai yang diinginkannya mereka bahagia tapi itu biasanya tidak lama, mereka butuh kebahagiaan lain, berarti bahagia itu sifatnya temporer tidak lama, bukan  bahagia yang sebenarnya (hakiki). 

Coba juga kita amati mereka-mereka yang mempunyai ukuran keberhasilan itu apakah mereka benar-benar bahagia,  tidak sedikit kita mendengar ada orang yang kaya, terkenal keluarganya hancur berantakan, adalagi orang kaya yang masih mencari hal-hal yang diluar kewajaran bagi orang kebanyakan. Ini menandakan bahwa kaya tidak menjamin orang jadi bahagia.

  

 

 

 

bersambung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: