Mengobati Sakit Tenggorokan

Dulu saya sering terkena sakit  tenggorokan, dalam setahun bisa beberapa kali saya terkena radang tenggorokan. Sakit tenggorokan biasanya terjadi adanya peradangan di tenggorokan yang berakibat rasa sakit yang kita rasakan, rasa nyeri, panas, gatal atau sakit saat menelan. Sebenarnya sakit tenggorokan ini akibat kuman atau virus. Kalau kita ke dokter kemungkinan besar kita akan diberi antibiotik.

Dari pengalaman ternyata sakit tenggorokan tidak perlu antibiotik , sakit tenggorokan bisa sembuh dengan pengobatan alami dengan disertai memperkuat daya tahan tubuh, menjauhi makanan yang merangsang tengorokan, banyak minum air putih dan cukup tidur.

Untuk menghindari ketergantungan pada obat saya berusaha untuk bisa menyembuhkan diri sendiri. Ternyata alhamdulillah penyakit yang sering saya alami bisa sembuh tanpa antibiotik, tidak hanya radang tenggorokan tapi penyakit musiman lain seperti batuk, pilek, flu dan saudara-saudaranya

Ini tips mengobati radang tenggorokan :

1. Bila Tenggorokan terasa sudah tidak enak segera hisap permen yang mengandung mint, kalau bisa yang free sugar. Kalau terasa sakit sekali bisa pakai yang strong mint free sugar. Sering-sering menghisap permen mint ini, tahan rasa hangatnya ditenggorokan.

2. Mint sangat ampuh mengobati radang tenggorokan, Gunakan in haler yang biasa digunakan untuk hidung tersumbat untuk menghangatkan tenggorokan, caranya dihisap lewat mulut. Hisap hanya sampai tenggorokan dan tahan, jadi jangan menghisap sampai paru-paru. Hisap hanya sampai tenggorokan saja, sampai terasa sensasi mint di tenggorokan. Hisap sesering mungkin, kalau perlu sampai terasa hangat dan panas ditenggorokan.

2. Kalau sakitnya parah minum Habbatussuda oil yang berbentuk kapsul, 2 X sehari, ikuti petunjuk dalam kemasan

3. Hindari makan makanan yang merangsang tenggorokan bertambah sakit, seperti yang mengandung minyak, pedas, manis, asam atau yang banyak bumbu.  Hindari makanan yang digoreng, makanlah makanan yang direbus dengan sedikit bumbu. Sayur sup seperti sup ikan sangat baik, karena ikannya direbus.

4.  Banyak makan makanan yang bergizi, perbanyak protein, seperti telur, ikan, daging sapi.  Protein yang bagus dan murah adalah  putih telur. Rebus telur makan saja, 2-3  butir telur 3 kali setelah makan.

6.  Perbanyak  minum air putih.

6.  Minum suplemen   vitamin C.   Minum teh hiju tawar bisa membantu

7.  Cukup tidur

8. Kurangi berbicara/mengeluarkan suara terlalu banyak. Aktifitas pita suara akan membuat tenggorokan semakin meradang.

Selain itu hindari makan/minum makanan/minuman yang masih ngebul uapnya atau masih agak panas.

Makanan yang masih beruap panas apalagi pedas ini sumber  penyebab radang tenggorokan yang saya alami seperti  seperti bakso yang pedas dan masih panas, soto yang panas dan pedas. Apalagi kalau dalam kondisi kurang tidur.

Tips ini juga bisa dipakai bila kita sakit tenggorokan akibat flu.

Bila saya sakit tenggorokan  dengan menjalankan tips diatas Insya  Sakit Tenggorokan sembuh .

Bagaimana kalau yang sakit tenggorokan anak-anak ?

Bila anak saya sakit tenggorokan saya juga melakukan hal yang sama, dengan memberikan  Habbatussauda oil 2x sehari untuk dosis anak-anak  serta mengikuti  tips diatas kecuali penggunaan in haler jangan digunakan.

Habbatussauda bisa menyembuhkan sakit tenggorokan pada anak-anak dengan dosis yang sesuai dengan dosis untuk anak-anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: