Stroke

 

Beberapa hari yang lalu seorang dokter yang tinggal dekat rumah saya terserang stroke, ini bukan kali yang pertama tetangga kami mengalami stroke. Beberapa tahun yang lalu dua orang tetangga kami mengalami musibah serupa, yang satu lumpuh dan akhirnya meninggal dunia kira-kira berumur 50 an dan yang satu lagi berumur 40 an sekarang jalannya menggunakan tongkat.

 

 

Kalau dipandang dari sudut statistik, angka  kejadian stroke boleh dibilang cukup signifikan, yang  merupakan salah satu penyebab kematian. Bagi saya ini merupakan peringatan bahwa di jaman modern ini penyakit degeneratif seperti stroke  bisa mengintai siapa saja orang tua maupun orang yang masih produktif. Melihat angka kejadian yang cukup besar, kita tidak boleh mengangap remeh dan sadar  untuk mencegah sejak dini sehingga dapat  memotivasi untuk selalu menjaga kesehatan.

 

Penyakit pembuluh darah merupakan angka penyebab kematian tertinggi. Pembuluh darah bisa diibaratkan seperti sungai yang mengalirkan air, sungai ini bisa terganggu alirannya bila terjadi gangguan seperti adanya endapan yang menyebabkan sungai menjadi dangkal dan airnya meluap. Begitu juga pembuluh darah yang merupakan saluran yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

 

Seperti juga sungai di sepanjamg pembuluh darah bisa terjadi gangguan berupa endapan yang menyebabkan pembuluh darah menyempit atau bahkan tertutup, apa jadinya biila ini terjadi di pembuluh-pembuluh darah yang halus seperti yang terdapat di jantung dan otak. 

 

Gangguan pembuluh darah bisa berupa penyempitan, penyumpatan dan pecahnya pembuluh darah, sehingga jaringan tubuh penting itu tidak mendapat supply darah. Penyebab gangguan yang diketahui ada dua macam pertama karena endapan (kolesterol) kedua karena tekanan dari aliran darah sendiri (hipertensi). 

Oleh sebab itu menjaga agar kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah dalam range normal sangat penting. Sayangnya endapan dan tekanan pembuluh darah ini adalah akumulasi dalam rentang hidup seseorang, jadi sebaiknya menjaga kesehatan dimulai sedini mungkin, paling tidak sejak usia 20-an, sekarangpun dimulai berapapun usia kita tidak ada kata terlambat,

 

Hidup sehat dengan pola makan yang sehat, tidur cukup dan teratur, rutin berolah raga dan menjaga hati dan pikiran sehingga terhindar dari stess akan membuat tubuh sehat. kalau tubuh sehat dan bugar kita akan lebih semangat menjalankan aktivitas, bekerja, belajar akan lebih maksimal, ibadahpun  akan lebih khusyu’.

 

 

 

 

3 responses to this post.

  1. Posted by Hanifa on November 13, 2008 at 12:34 pm

    you’re welcome…

    Reply

  2. saya ada pengalaman menarik tentang stroke dan darah tinggi, sebenarnya hanya pengalaman menyaksikan, kebetulan kerabat saya.

    singkatnya salah satu penyebab stroke terbesar adalah dari gaya hidup dan pola makanan.

    Lbih detailnya silahkan email ke saya di richard_sandia@yahoo.co.id

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: