Masalah Selera Makan

Makan untuk hidup akan sangat berbeda maknanya bila dibalik menjadi Hidup untuk makan. Apa jadinya bila term kedua yang menjadi semboyan hidup tidak bedanya kita dengan si belang🙂.

Kalau saya perhatikan untuk urusan makan orang Indonesia jagonya, masakan khas Indonesia mempunyai variasi dan bahan yang banyak macamnya belum lagi cara masaknya. Oleh karena  kaya akan bahan, bumbu, variasi dan cara memasaknya maka tenttu akan kaya cita rasanya. Bagi lidah orang Indonesia masakan khas negara lain seperti eropa misalnya akan terasa kurang di lidah.

Makan akan terasa nikmat bila sesuai dengan selera kita kalau boleh dibilang kenikmatan lidah ini terasa sebagai hiburan. Lihat saja sekarang ini wisata kuliner menjadi suatu acara  yang digemari banyak orang dan dipandang sebagai cara untuk menikmati kehidupan ini. Sayangnya kalau makan mengikuti selera akan membuat kita terlena, lupa akan kesehatan. Ternyata masakan yang enak banyak yang tidak sehat.

Dulu saya kurang begitu suka sayur tapi karena semakin menyadari dampak makanan pada kesehatan tanpa disadari saya menjadi ‘suka ‘ sayuran dan buah. Seakarang ini saya berusaha untuk selalu makan makanan yang sehat. Daging berlemak, jerohan, seefood saya tinggalkan, padahal ketiga jenis makanan ini saya gemari. Semakin sadar dan paham,  selera saya sekarang berubah, kalau makan kalau tidak dengan sayur terasa kurang. Ternyata selera makan saya sekarang berubah,  lebih sehat.

Sekarang ini kalau ada acara/undangan yang ada acara makannya saya berusaha tidak menyentuh makanan berkolesterol tinggi, hal ini saya lakukan karena mindset saya telah berubah. Rasanya kalau saya makan sambal goreng hati, saya merasa kolesterol saya akan naik, begitu terus dan akhirnya saya mengambil makann yang sehat. Ya ternyata selera bisa diubah…. 

 

Leave a Reply

