Hidup Sehat

Kesehatan adalah “harta” yang paling berharga dalam hidup kita, apapun yang kita miliki tidak ada artinya  tanpa kesehatan.

Sayangnya kita baru menyadari kesehatan itu penting bila kita sudah jatuh sakit. Sehingga kesehatan hanya diperjuangkan oleh mereka yang sakit ,padahal untuk tetap menjadi sehat kita perlu memperjuangkannya atau mengusahakannya. Tindakan preventif (pencegahan) akan lebih mudah dan murah dibanding tindakan pengobatan, sering kita mengabaikan kesehatan bila kita sedang sehat. Belum lagi kalau kita sering jatuh sakit dan menjalani pengobatan, efek dari obat yang kita gunakan mempunyai efek samping.

Bila kita melihat mereka yang sedang sakit, kita akan sadar bahwa sehat itu suatu kenikmatan. Hasil kerja dan segala aktifitas tidak akan bisa dikerjakan maksimal bila kita sedang sakit, beribadahpun akan tidak bisa maksimal bila kita dalam keadaan sakit.  Agama menganjurkan kita untuk menjenguk orang sakit  selain karena untuk kepedulian menjenguk orang sakit akan mengingatkan bahwa kita bersyukur bila kita sehat,  sehat itu penting. Sering kita lihat betapa untuk sehat itu harus diperjuangkan dengan segala cara bagi mereka yang sakit. Seharusnya kesehatan juga  diperjuangkan  juga bagi mereka yang sehat yaitu berjuang untuk tetap sehat.  

Untuk menjaga mind set kita bahwa sehat itu penting, kita bisa terus mengingatnya dengan berbagai cara antara lain menjenguk orang yang sakit, sering membaca artikel tentang kesehatan, bagaimana menjadi sehat. Walaupun kita sudah tahu dan sudah berulang kali bahkan membaca suatu artikel kesehatan, janganlah pernah bosan.

Berikut ini hal yang penting resep untuk hidup sehat, walaupun kita sudah tahu tapi sering kita lupakan dan sering kita langgar :

1. Tidurlah yang cukup dan teratur, sebaiknya tidur sebelum jam 10.00 malam.

2. Makanlah makanan yang sehat gizi seimbang dan perbanyaklah makan sayur dan buah. Kurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, terlalu manis dan terlalu asin.

3. Minum minimal 2 liter perhari

4. Olah raga minimal jalan cepat 3 kali sehari selama 30 menit

5. Menjaga hati dan pikiran, Jangan terlalu larut dan berlama-lama memikirkan sesuatu, sering-     seringlah mengosongkan pikiran. Ikhlas dalam hidup dan pasrahkan segala urusan kepada Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: