Momentum untuk Perbaikan

Berbuat salah dan kekhilafan adalah hal yang wajar bagi manusia, siapapun dia Rasululullah sekalipun sebagai manusia sempurna pernah berbuat salah tentu saja kesalahan Rasul tidak seberat kesalahan yang dibuat manusia biasa.

Dengan menyadari hal ini kita sebagai manusia akan selalu melakukan instropeksi, dengannya kita bisa melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan diri. Apakah hari-hari yang lalu, bulan lalu tahun lalu ada kesalahan yang kita perbuat dengan sengaja maupun tidak, kesalahan dalam sikap kita baik dalam perbuatan, perkataan, fikiran dan perasaan. Bila manusia tidak menyadari ini berarti hatinya telah mati.

Bertambahnya umur bagi kita  seharusnya disertai dengan bertambahnya kemampuan dalam segala aspek termasuk dalam bersikap, kalau tidak bertambahnya usia akan menjadikan manusia hanya  menua sepertinya kayu yang menjadi lapuk.  Kemampuan untuk bersikap baik, benar dan bijak. Setelah Ramadhan setelah 1 Syawal biasanya perasaan untuk memperbaiki diri selalu muncul. Apakah sikap kita masih seperti tahun yang lalu, tidak berubah atau malah bertambah buruk. 

Nasihat dan nilai-nilai yang kita yakini mungkin sudah agak kabur dan abu-abu, inilah saatnya untuk melakukan penyegaran kembali. Ajaran dan nilai-nilai yang sudah kita tahu sejak kecil pun bisa saja sudah luntur. Keimanan dan hati manusia dinamis, keimanan bisa naik dan bisa turun, oleh sebab itu hati dan keimanan harus terus dijaga. Ditambah lagi sifat manusia yang sering lupa, sehingga seharusnya manusia jangan pernah bosan untuk selalu mendengar nasihat walaupun nasihat itu sering dia dengar. Bila manusia sudah bosan dengan nasihat maka sejak itu pula dia menutup diri untuk perbaikan.

Agama adalah nasihat, hanya bagi mereka yang mau menerima nasihatlah yang akan bisa mengadakan perbaikan.

 

One response to this post.

  1. semoga dengan membaca ini, orang kembali ke jalan yang benar.
    Amin ya Allah.

    http://andisharing.wordpress.com/

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: