Food Processor untuk Bumbu

Saya lebih senang masak dengan bumbu asli dan benar-benar diolah dari bentuk asalnya, jadi misalnya kunyit saya lebih suka menggunakan kunyit yang masih berbentuk rimpang jadi bukan kunyit yang sudah digiling dipasar. Biasanya bumbu halus yang sudah digling bisa kita beli dipasar atau supermarket seperti cabe merah, kunyit, jahe, lengkuas, bawang putih dll.

Menurut pengalaman masakan lebih enak dan segar bila kita giling sendiri. Kalau saya perhatikan bumbu halus yang dijual dipasar secara kwalitas masih diragukan misalnya cabe merah giling, karena mereka membuat masal biasanya cabe yang digunakan juga tidak segar lagi bahkan ada yang busuk kemungkinan lain mencucinya sembarangan dengan sedikit air atau bahkan tanpa pencucian.

Dengan kondisi preparation seperti ini tentu kwalitas cabe giling tidak baik, hasilnya cabe giling ini cepat mengalami pembusukan dan rasanya tentu tidak segar lagi agak sedikit masam. Begitu juga dengan bumbu yang lain. Sehingga kalau kita gunakan bumbu yang sudah tidak segar ini akan merusak cita rasa dari masakan.

BIasanya saya menggiling bumbu menggunakan blender yang ada wadah untuk bumbu basahnya, tapi untuk bumbu yang seratnya agak kerasa dan kasar seperti lengkuas hasilnya kurang begitu halus. Saya bereksperimen menggunakan Food Processor (FP) untuk menggiling bumbu kebetulan saya ingin membuat rendang dalam jumlah yang agak banyak.  Saya gunakan FP untuk seluruh bumbu saya pisahkan dengan cabenya, ternyata hasilnya cukup memuaskan. Anehnya untk menggilng cabe nmerah dengan FP tidak maksimal, tidak halus sampai kebiji-bijinya. Unntuk menghancurkan bijinya saya giling lagi dengan blender bumbu basah.

Tadinya saya menggunakan FP untuk menggiling daging, membuat nugget, bakso, somay dan sejenisnya. Kapasitas FP yang lazim dipasaran memang relatif besar karena memang tujuan awalnya untuk menggiling daging, dan membuat adonan.  Jadi bila ingin digunakan untuk menggiling bumbu hanya bisa digunakan untuk bumbu dengan kapasitas yang besar. saya pernah melihat Food Processor yang bentuknya mini, mungkin ini bisa digunakan bila ingin menggiling bumbu dalam jumlah sedikit.

FP memang belum sefamiliar blender tapi melihat manfaatnya bisa kita create menajadi alat yang sesuai dengan kebutuhan kita, selain kita bisa masak lebih cepat juga tetap masih bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bebas pengawet .

2 responses to this post.

  1. TRIMS YAH INFORMASINYA

    Reply

Leave a Reply

