Lagu itu… Menyentuh sekali

Setiap mendengar lagu Raihan ini saya selalu trenyuh . tersentuh dan sadar akan hidup sendiri.  Syair yang diangkat dari hadist Rasulullah itu terasa menyentakan kalbu.

Bukan kali ini saya merasakan hal seperti ini,  lagu-lagu sejenis yang syairnya diangkat dari ajaran agama hampir selalu memunculkan perasaan seperti itu. Lagu-lagu ini amat  menyentuh perasaan keagamaan saya, terkadang menyentuh teramat dalam, kalau mau jujur kadang  lagu yang merdu itu membuat saya ingin menangis. Tak jarang saya tertegun mendengar lagu-lagu religius itu ditengah keramaian saat saya memilih-milih barang di supermarket, seakan saya berada ditempat yang jauh sekali. Suasana hati terbawa hanyut oleh syair lagu.

Seakan terulang tarikan perasaan  yang sama juga terjadi setiap mendengar lagu-lagu sejenis seperti lagu yang dibawakan oleh Opik, Ungu dan yang lainnya. Begitulah lagu religi akan terus menyentuh perasaan pendengarnya apalagi kalau liriknya merupakan ajaran agama, syair yang mengajak pada jalan kebenaran.

Ajaran agama Islam sangat fitrah mengajarkan kebaikan dan kebenaran, bila ajaran dan kata-katanya  dibuat sebagai lagu , kesannya akan semakin kuat. Itu yang menyebabkan lagu-lagu religius mudah diterima bagi siapa yang mendengarnya.  Siapa yang tidak senang pada kebaikan dan kebenaran ? orang yang tidak baik sekalipun senang akan kebaikan. Entahlah bagaimana dengan pendapat orang lain tentang lagu-lagu ini, saya belum pernah langsung mendengar, tapi dulu teman kuliah saya pernah bersemangat sekali mencari album religi Bimbo,  saya waktu itu tidak memperhatikan, mungkin dia mengalami apa yang saya rasakan.

Apakah ada orang yang insyaf dan sadar setelah mendengar lagu-lagu ini, atau bahkan bertobat, wallahu a’lam….. mungkin saja. Jadi lagu selain menjadi hiburan juga bisa menjadi media dakwah. Bisa dimulai dari mana ? bisa saja  orang tertarik syairnya jadi menyenangi lagunya atau sebaliknya tertarik lagunya jadi menyenangi syairnya. 

Mungkin benar jaman sekarang dakwah tidak harus dilakukan lewat ceramah tapi dakwah bisa dilakukan dengan banyak cara.  Lewat lagu, film dan bentuk seni lainnya hati orang bisa disentuh dan di ingatkan akan ajaran agama, ingat akan bagaimana sebenarnya menjalankan hidup ini.

Penyampaian yang digunakan dengan cara menyenangkan akan mudah diserap. Kalau sudah begitu lagu-lagu  religius akan menjadi hiburan yang sesungguhnya,  selain menyenangkan untuk didengar juga mencerahkan jiwa.

 

 

Leave a Reply

