Semakin Tua Semakin Cerdas

 

 

Umur boleh semakin tua, tapi otak malah semakin tajam. Itulah kesimpulan yang diperoleh para peneliti yang menemukan bahwa lansia sekarang lebih jarang kehilangan daya ingat dan masalah kognitif lainnya dibanding lansia pada dekade sebelumnya.

 

Seperti tertulis dalam jurnal Alzheimer’s & Dementia, para peneliti mengatakan bahwa dalam uji kemampuan berfikir 7.000 orang pada tahun 2003 dibandingkan dengan kemampuan berfikir group yang sama pada tahun 1993, terdapat peningkatan yang signifikan. Hanya 8.7 % dari group pada tahun 2003 yang mengalami masalah daya ingat atau mengalami masalah mental, dibandingkan dengan 12.2 % dari group pada tahun 1993.

 

 

Para Ilmuwan menulis bahwa perkembangan tersebut ” menunjukkan bahwa dampak kombinasi dari pola medis, gaya hidup, demografis dan faktor sosial belakangan ini cukup positif untuk kesehatan kognitif orang lanjut usia”.

Para peneliti yang dipimpin oleh Dr. Kenneth M. Langa dari Unversity of Michigan mengatakan bahwa ada beberapa alasan terjadinya penurunan masalah kognitif. Antara lain adalah karena orang-orang yang diuji pada tahun 2003 memiliki tingkat edukasi yang lebih tinggi dan lebih cenderung berpartisipasi dalam aktifitas yang menstimulasi kemampuan intelektual pada usia lanjut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki pendidikan lebih baik akan mengalami apa yang disebut cognitive reserve, sehingga mereka lebih kebal saat penyakit dan penuaan menyerang. Tentu saja bukan pendidikan tingginya yang menyebabkan kebal terhadap penuaan tapi dengan pendidikan tinggi aktifitas intelektual kemungkinan semakin besar sehingga otak terus terlatih. Tidak hanya otot yang harus terus digunakan , otak pun harus terus digunakan agar keduanya tidak menciut di usia lanjut.

 Media Kawasan

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: