Kebahagiaan Tergantung Diri Sendiri

 

 Beberapa orang cenderung muram dan tak pernah bahagia. Yang lainnya cenderung selalu gembira, bahkan disaat mengalami cobaan. Apakah mereka memang terlahir seperti itu ?

 

Ya setidaknya sebagian. Riset ilmiah yang mengguncang dari professor psikologi University of California, Sonya Lyubomirsky, menunjukkan bahwa 50 % merupakan sifat bawaan lahir. 10 % lain dipengaruhi oleh keadaan hidup, seperti perceraian atau kehilangan seseorang yang terkasih.

Namun, tunggu sebentar ! Ini menyisakan 40 % dari kapasitas umum untuk menjadi bahagia yang benar-benar tergantung dari diri Anda sendiri. Buku barunya, “The How of Happiness”, adalah hadiah bagi mereka yang ingin mengatur sendiri tingkat kebahagiaan mereka.

Yang mendasar dari riset ini  adalah kesimpulannya yang menyatakan tetap aktif sangat terkait dengan kebahagiaan. Latihan yang ia sarankan menyangkut membuat tujuan enam minggu kedepan. Dia juga menganjurkan :

 

– Jika menghadapi suatu persoalan, coba ambil waktu sekitar 30 menit untuk direnungkan. Saat itu persoalan akan terlihat lebih jernih.

– Pelajari cara penanggulangi masalah dengan baik. Catat semua pengalaman yang membuat trauma, dan pelajari bagaimana cara mengenali dan mengusir pemikiran yang terlalu pesimis

– Nikmatilah kebahagiaan hidup, bahkan bila itu hanyalah suapan makanan enak atau mandi yang menenangkan. Pikirkan kembali hal-hal yang menyenangkan saat perasaan Anda mulai tak enak.

 

Tidak seperti buku-buku panduan diri lainnya, semua rekomendasi ini didukung oleh riset ilmiah. Kumpulan strategi ini dapat membuat perbedaan hidup antara yang bahagia dan yang tidak, kata sang pengarang, Ini merupakan kabar yang sangat baik bagi para pemuram

Majalah  Media Kawasan

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: