10 Cara Membesarkan Calon Pemimpin

 

Para pemimpin yang berhasil di dunia ini, sangat terpengaruh dari kata-kata dan tindakan orang tua yang membesarkan mereka. Apapun yang orang tua katakan dan kerjakan, tentu akan mempengaruhi perkembangan anak-anak mereka kelak.
Tindakan-tindakan yang dilakukan orang tua orang tua merupakan cerminan bagi anak-anak mereka karena orang tua merupakan contoh pertama bagi anak-anak dalam menjalin suatu hubungan, serta cara berinteraksi dengan orang lain.

 

 

Orang tualah yang pertama kali mengajarkan dan memperkenalkan kepada anak-anaknya bagaimana menjalani hidup di dunia ini, dengan segala tantangan dan tanggung jawabnya, termasuk stress yang dapat ditangani, cara memperlakukan orang lain, menjalankan sistem kepercayaan yang positif, sistem keadilan, cara bekerja sama, cara mengtur waktu, serta cara bersikap dalam kehidupan sehari-hari baik untuk masalah pribadi maupun hal yang lainnya.
Anda sebagai orang tua selayaknya membantu anak-anak dalam melakukan interaksi yang baik dengan sesama manusia lainnya serta mengajarkan mereka bagaimana menjalani hidup yang harmonis, bijaksana dan penuh damai. Sebagai orang tua, sebetulnya anda dapat melihat bagaimana mudahnya membentuk anak-anak yang awalnya bukan pemimpin dan tidak produktif, berubah menjadi orang-orang yang berhasil dan sukses.

Adakalnya orang tua yang kerap bertengkar didepan anak-anaknya atau orang tua yang memperlihatkan perasaan benci dan ketidakadilan di depan anak-anaknya, orang tua yang tidak memilki waktu untuk anak-anaknya, bahkan orang tua yang tidak pernah “ada” untuk anak-anaknya disaat mereka sedang sangat membutuhkan orang tuanya. Misalnya disaat-saat anak-anak mengalami masa-masa sulit, baik secara emosional maupun secara fisik, orang tua mereka selalu sibuk dengan urusannyamasing-masing, dan tak pernah memberikan waktu sedikitpun bagi anak-anaknya.
Jelas saja , anak-anak seperti ini akan mendapatkan lebih banyak masalah, kecuali jika mereka menemukan peran contoh pemimpin di dalam kehidupannya, dan hal ini bisa saja terjadi.
Jadi bila Anda ingin memiliki anak yang berhasil dan menjadi seorang pemimpin yang bijak di kemudian hari, terapkanlah sepuluh cara sederhana berikut :

1. Beri Contoh yang baik

Ingat, Anda tidak akan selalu menjadi role model atau contoh terbaik bagi anak, karena Anda juga manusia biasa. Namun akuilah kesalahn , minta ma’af didepan anak , selalu bertanggung jawab dan tunjukkan kepedulian Anda pada anak.

2. Tanggung jawab dan konsisten

Bertanggung jawab terhadap hal-hal di dalam kehidupan anda dan biarkan anak Anda melihat Anda melakukan semua semua hal ini. Kerja Keras, atur sasaran dan kosisten di depan anak. Dan berikan dukungan kepada sang anak untuk mengidentifikasikan sasaran mereka, serta bantu mereka unatuk mencapainya.

2. Sokong kegiatan yang disukai Anak Anda

Dan berikan pujian bila mereka tahu caranya dan berhasil merealisasikannya. Mintalah juga pada mereka untuk mengajarkan Anda sesuatu yang lebih mereka ketahui dan tidak Anda ketahui , seperti pelajaran merajut, memotret dan ketrampilan lainnya.

3. Dukung Pendapat Anak

Tanyakan kepada anak-anak apa pendapat mereka tentang kejadian atau peristiwa yang diberitakan di televisi, atau topik dari suatu diskusi yang telah dipilih. Biarkan mereka mengungkapkan pandangannya , bahkan walaupun pandangan mereka berbeda dengan pendapat Anda.

5. Beri Tanggungjawab

Berikan mereka tangung jawab untuk menyelesaikan berbagai tugas agar mereka merasa nyaman dengan keberhasilan yang dapat mereka capai. Mungkin mereka bisa mulai belajar cara memasak makanan yang sederhana seperti sup macaroni, atau membersihkan kamar tidur mereka. Beri pujian atas keberhasilan dari usaha yang telah mereka lakukan.

6. Menetukan Menu

Biarkan mereka menentukan menu makan malamnya sendiri, apa yang ingin mereka lakukan di akhir minggu serta kemana mereka akan berlibur.

7. Kreatif

Perlihatkan kepada mereka cara Anda bertanggung jawab terhadap segala situasi, misalnya bila Anda bosan menyetrika, Anda akan melakukan sesuatu yang lainnya agar tidak bosan seperti menyetrika sambil mendengarkan lagu kegemaran Anda, atau bila tidak cukup uamg ungtu membeli barang yang sedang di idam-idamkan, Anda bisa melakukan usaha lain untuk bisa mendapatkannya. Misalnya berusaha membuat kue-kue kecil lalu menjualnya.

8. Berfikir Positif

Ajarkan juga padanya bagaimana caraa berfikir untuk menghilangkan segala sesuatu yang negatif dan bagaimana caranya untuk selalu menyelipkan cara berfikir yang positif kedalam pikiran negatif mereka. Hal ini merupakan ketrampilan yang akan selalu mereka miliki dan butuhkan kelak.

9. Selalu Semangat

Perlihatkan gairah, semangat dan keberanian di dalam menjalani kehidupan Anda kepada Anak-anak.

10 Dukung kebebasan Mereka

Menjadi diri mereka apa adanya dan biarkan mereka mengungkapkan siapa diri mereka, memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan,dan jangan memperlakukan orang lain dengan cara yang menyakitkan.

Yang perlu anda ingat sekali lagi adalah Anda harus mengajarkan apa yang ingin Anda lihat pada diri Anak-anak dengan memberikan selalu contoh yang baik, melalui kata-kata dan tindakan nyata Anda.
Orang tua harus secara konstan ingat akan tindakan yang dilakukannya bila ingin membesarkan seorang pemimpin yang bijak dikemudian hari. Memang Anda sering melakukan atau mengatakan hal-hal yang salah atau tidak produktif dihadapan Anak. Tetapi bila Anda selalu ingat akan kata-kata serta prilaku yang paling produktif untuk dilakukan, dan Anda selalu bersikap seperti layaknya seorang pemimpin di dalam dunia anak Anda atau di lingkungan yang lebih luas, maka anak-anak Anda pun akan memiliki kesempatan yang baik dalam menghadapi segala tantangan dimasa depannya didunia ini.

 

Tabloid  Nova

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: