Mengajar Anak Bekerja

Menurut saya salah satu poin penting yang harus diajarkan pada anak adalah melakukan pekerjaan rumah tangga, anak perempuan maupun anak laki-laki sama saja. Pekerjaan rumah tangga harus bisa dilakukan semua orang karena siapa sih yang tidak perlu makan, pakaian bersih, rumah bersih semua orang membutuhkannya. Oleh karena kebutuhan itu berarti setiap orang minimal bisa dan mau melakukannya, paling tidak untuk memenuhi keperluannya sendiri.  Bila setiap anak bisa dan mau melakukannya untuk kebutuhannya sendiri berarti si anak sudah dikatakan mandiri.

 

Kemandirian ini pada anak merupakan pilar kemandirian anak pada bidang-bidang lain. Anak akan merasakan kebahagiaan bagaimana rasanya dia mempunyai kendali pada dirinya dan ini akan membangkitkan harga dirinya. Keuntungan yang akan diperoleh anak tidak hanya itu saja , anak akan senang bekerja, mempunyai rasa tanggung jawab, serta terhindar dari godaan untuk melakukan hal-hal yang sia-sia yang akan merupakan bibit kenakalan pada anak remaja.

Menyenangi pekerjaan harus dimulai dari rumah karena pekerjaan yang pertama dijumpai oleh seorang anak adalah pekerjaan-pekerjaan di rumah.  Umumnya orang tua lebih senang melakukan pekerjaan itu sendiri atau mendelegasikan pada pembantu rumah tangga daripada mengajarkan anaknya. Kenyataannya tidak mudah mengajarkan anak untuk menyenangi pekerjaan.

Saya sekarang ini mulai melatih anak saya laki-laki (6,5 th) untuk bisa membantu saya melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, membersihkan dan mengepel kamarnya sendiri. Tidak mudah memang, ajakan halus sampai memberikan banyak pujian saya lakukan. Hasilnya belum sesuai dengan yang saya harapkan,  walaupun  saya juga berusaha mengajarkan pekerjaan  yang sesuai dengan umur dan kemampuannya.  Ternyata lebih mudah mengajarkan anak belajar matematika daripada mengajarkan anak bekerja.

Bukan hasil pekerjaannya yang saya inginkan tapi rasa senang pada pekerjaan itulah yang saya harapkan.  Coba saja berapa banyak waktu dirumah yang bisa anak habiskan untuk hal-hal yang postif,  selain mengerjakan hobby melakukan pekerjaan di rumah merupakan kegiatan positif yang bisa menyibukkan anak di rumah. 

 bersambung

Leave a Reply

