Pentingnya Cukup Tidur

Kebutuhan tidur sangat penting bagi anak-anak karena akan berdampak pada kwalitas pendidikan, prestasi akademik dan prilaku anak-anak kita. Peningkatan kwalitas belajar anak ada hubungannya dengan waktu tidur anak.

Prof William Dement, bapak kedokteran tidur mengatakan, semakin besar hutang tidur semakin besar pula dorongan untuk tidur. Besarnya utang tidur juga akan menghambat kemampuan kita untuk berfikir dan bekerja. Pada anak-anak kekurangan tidur akan berakibat langsung pada kesehatan, prestasi akademik dan kemampuan fisiknya untuk berolahraga.

Kekurangan tidur pada remaja menyebabkan mereka mengalami masalah emosional. Karena masih kurang tidur saat malam, di pagi hari mereka begitu sulit dibangunkan, dan sepanjang hari disekolah mereka sulit mengarahkan konsentrasi secara penuh. Beberapa diantaranya bahkan tertidur di dalam kelas. Kekerasan, kenakalan dan masalah emosional pada remaja juga diperberat oleh kondisi kurang tidur ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh national Sleep Foundation (Amerika Serikat) menunjukkan bahwa anak-anak yang cukup tidur (lebih 8 jam sehari) mempunyai prestasi akademik yang lebih baik dibanding yang kurang tidur.

Sementara penelitian lainnya di Universitas Minneosta membuktikan manfaat menggeser jam masuk dari pukul 07.15 menjadi 08.40 Para ahli bahkan terkejut dengan banyaknya kemajuan yang dialami oleh para mahasiswa hanya dengan menambah waktu tidur kurang dari satu jam setiap harinya.
Prof Dement mencatat perubahan pada salah seorang mahasiswinya yang mengatakan bahwa dosen kuliah paginya kini tidak lagi membosankan setelah dia mencukupi kebutuhan tidurnya.

Manfaat Tidur bagi Anak

Tidur memegang peranan penting bagi pertumbuhan dan pekembangan anak.Mary Carscadon, PhD, seorang ahli di bidang tidur remaja merumuskan beberapa manfaat kecukupan tidur bagi remaja :

1. Tidak mudah mengalami depresi
2. Mengurangi kenakalan
3. Nilai akademik lebih baik
4. Mengurangi angka ketidakhadiran di kelas
5. Mengurangi resiko mengalami kecelakaan lalu lintas akibat kantuk
6. Prestasi olah raga lebih baik
7. Daya tahan terhadap penyakit Infeksi lebih kuat
8. Mengurangi resiko berbagai gangguan metabolik termasuk obesitas

Warta Kota, 31 Januari 2008

5 responses to this post.

  1. Assalaamu’alaykum
    Saya sedang menerapkan manajemen waktu antara lain mengenai tidur yang cukup sesuai ajaran Islam. Bolehkah informasi dalam artikel ini saya copy dan link ke tulisan di blog saya?
    Maaf dan terimakasih
    Wassalaam

    Reply

  2. Posted by Hanifa on March 3, 2009 at 1:49 pm

    Walaikum salam wr.wb…Silahkan saja kalau mau di copy, mudah-mudahan bermanfaat.

    Reply

  3. Alhamdulillaah, terimakasih. sudah saya copy sebagian dengan menyebut sumber referensinya

    Reply

  4. […] Sumber lain menyebutkan bahwa Prof William Dement, bapak kedokteran tidur mengatakan, semakin besar hutang tidur semakin besar pula dorongan untuk tidur. Besarnya utang tidur juga akan menghambat kemampuan kita untuk berfikir dan bekerja. (Sumber : https://hanifa93.wordpress.com/2008/02/17/pentingnya-cukup-tidur/) […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: