Rumah Ideal Jaman Sekarang

Bagaimana rumah ideal Jaman sekarang ? Setiap orang pasti punya obsesi rumah ideal yang seperti apa. Di bawah ini gambaran rumah ideal versi saya sendiri.

Pada dasarnya  tidak jauh berbeda antara rumah sekarang dengan rumah jaman dulu. Syarat-syarat rumah yang nyaman dihuni kurang lebih sama, cuma mungkin dari segi fungsi yang membedakan. Jaman dulu rata-rata keluarga punya banyak anak, jadi umumnya ukurannya relatif lebih luas, keluarga jaman sekarang yang jumlah anaknya realtif lebih sedikit, selain itu juga semakin banyaknya populasi membuat harga tanah semakin mahal sehingga ukurang rumah juga tidak seluas rumah jaman dulu.

Anggota keluarga sekarang ini mempunyai banyak kesibukan, waktu lebih banyak di luar rumah, rumah tanpa sekat akan membantu dalam mendekatkan hubungan antar keluarga. Ibu yang sedang memasak masih bisa mengawasi acara TV yang di tonton anak di ruang keluarga, atau masih bisa berkomunikasi dengan anggota keluarga lain yang sedang berada di ruang keluarga. Jaman sekarang para ibu banyak juga yang bekerja diluar rumah. Karena kemacetan di jalan dan kesibukan jaman sekarang orang jarang bersilaturahmi, apalagi sudah banyak alat komunikasi yang sebagian menganggap sudah menggantikan silaturrahmi.

Oleh karena alasan-alasan inilah rumah jaman sekarang dibuat dengan fungsi yang sesuai dengan keadaan tsb,  misalnya ruang tamu tidak usah dibuat khusus,  karena tamunya juga jarang datang sayangkan kalau ruang tamu tidak pernah terjamah. Paling tidak walaupun ruang tamu dibuat terpisah bisa dibuat sekat yang semi permanen atau bisa di buka tutup, sehingga kalau sekat dibuka membuat rumah terlihat lapang dan fungsional. Ruang yang lapang lebih bermanfaat, bisa digunakan untuk fungsi yang lain misalnya untuk ruang bersantai, dan udara di ruang depan biasanya lebih segar karena berhadapan dengan pintu yang berhubungan dengan udara luar. Rumah dengan tanpa banyak sekat permanen (terbuka) bisa dimanfaatkan untuk mengadakan kegiatan kumpul-kumpul, seperti pertemuan keluarga besar, arisan dll.

Hal yang penting dalam membangun rumah adalah ventilasi, aliran udara yang sehat akan menjadikan sehat penghuninya. Udara yang mengalir akan menjadikan udara di dalam rumah berganti setiap saat, ruangan jadi tidak pengap. Idealnya setiap ruangan mempunyai hubungan dengan udara luar, entah itu berupa jendela, ventilasi atau pintu. Walaupun nanti rumah akan menggunakan AC tidak ada salahnya ventilasi tetap dibuat sehingga bila AC tidak berfungsi ventilasi bisa dibuka. Sekarang ini banyak orang yang membangun rumah kurang memperhatikan ventilasi karena menganggap AC sudah bisa menggatikan ventilasi, padahal ruangan  yang berhubungan dengan udara luar lebih sehat dibandingkan dengan ruangan yang hanya mengandalkan AC. 

Selain itu karena orang jaman sekarang mempunyai sedikit waktu paling tidak susunan ruangan juga harus dibuat sehingga kegiatan dirumah bisa dikerjakan dengan lebih efesien, misalnya letak dapur dekat dengan tengah rumah dan terbuka dari lalu lalang orang dirumah. Selain menjadi lebih efisien juga bisa lebih menjamin keamanan karena bisa mudah terlihat kompor sedang menyala atau tidak sehingga menghindari kealpaan meninggalkan kompor dalam keadaan menyala.  Meja makan sehari-hari lebih efisien bila letaknya menyatu dengan dapur. Bila dapur menyatu dengan meja makan maka dapur akan lebih fungsional dan lebih sering dan nyaman digunakan, mau tidak mau menyebabkan dapur menjadi lebih sering dibersihkan, kinclong dan enak dipandang. Oleh karena dapur fungsinya yang sangat strategis letaknya sebaiknya bukan jauh dibelakang rumah seperti rumah jaman dulu, karena jauh dibelakang dan tertutup dapur sering lalai dibersihkan sehingga kesannya kotor dan tidak nyaman.

Untuk keamanan dan kesehatan dapur harus mempunyai akses dengan udara luar untuk membuang gas-gas dari kegiatan memasak sebaiknya dipasang alat penghisap asap seperti exhaust fan atau cooker hood sehingga gas dan aroma masakan bisa dibuang keluar.  

Susunan ruangan juga sebaiknya dirancang sehingga bisa memfasilitasi penghuni untuk melakukan pekerjaan di rumah dengan cara  multi tasking, maksudnya bisa mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersamaan. Misalnya sambil cuci piring juga bisa mencuci baju (menggunakan mesin cuci), sehingga dalam satu waktu bisa mengerjakan 2-3 pekerjaan sekaligus. Tempat aktifitas yang berhubungan sebaiknya letaknya berdekatan sehingga bisa lebih efisien dan terasa mudah untuk mengerjakannya, misalnya pekerjaan mencuci baju, menjemur dan menyetrika bisa dibuat di satu tempat.  Walaupun sekarang ini banyak yang menggunakan asisten di rumah, tidak salahnya membuat alternatif seperti itu karena bila sewaktu-waktu asisten pulang kegiatan sehari-hari dirumah tidak terganggu dengan kita sendiri yang turun tangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: