Hidup Panjang dan Sehat!

Setiap manusia dianugerahi gen umur panjang. Adalah gaya hidup moderen yang lantas mengubur mimpi orang untuk hidup lama. ”Gaya hidup modern tak sepenuhnya salah. Yang salah adalah gaya hidup seenaknya,” kata Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Geriatri RS Dr Sardjito/FK UGM dr Probosuseno, SpPD-Kger. Seperti apa pola hidup yang tak salah?

Pola makan sehat

Inilah kunci utama rahasia umur panjang. Ingin berusia di atas 80 tahun dan sehat? Perbanyak makan sayur, buah-buahan, dan minum susu rendah lemak. Tak kalah penting adalah menyantap produk-produk laut, terutama ikan laut dalam seperti salmon, tuna, atau mackerel yang mengandung asam lemak omega-3. Mereka adalah makanan-makanan antioksidan zat antipenuaan. Masyarakat berumur panjang juga tercatat gemar mengkonsumsi produk kacang-kacangan (kedelai). Tetapi,”Jangan lupa cukup minum air jernih,” terang Probo.
Secara bersamaan, kurangi konsumsi daging. Penduduk Okinawa yang hijrah ke Brasil tercatat berusia lebih pendek ketimbang saudara mereka di tanah asal. Ini lantaran mereka mulai hobi menyantap daging yang di perantauan banyak tersedia dan murah harganya. Kurangi pula makanan berlemak tinggi seperti keju, margarine, kue-kue, atau es krim. Kurangi pula makan goreng-gorengan, contohnya keripik. Terakhir,”Jangan merokok,” kata Probo. Pria yang tak merokok bisa hidup sepuluh tahun lebih lama ketimbang yang doyan merokok.

Olahraga

Olahraga secara rutin dapat memperpanjang usia. Tak perlu berlebihan. ”Cukup berjalan kaki 1 hingga 2 jam per hari, pokoknya lebih dari 6 kilometer, atau setidaknya 10 ribu langkah per hari,” kata Probo. Olahraga tak hanya bagus untuk mempertahankan kelenturan tubuh. Aktifitas ini juga berperan penting untuk membuat pikiran tetap awas dan menjaga kesehatan otot-otot jantung.
Rahasia panjang umur Apih Tajidin, 88 tahun, adalah kegetolannya berjalan kaki. Saban hari, selepas adzan shubuh, warga Garut ini bolak-balik berjalan kaki sejauh empat kilometer untuk bercocok tanam. Apih sebetulnya tuan tanah di daerahnya, tetapi ia memilih untuk turun ke sawah mencangkul, menanam padi, memberikan pupuk, hingga memanen.

Tidak begadang

Hindari bekerja hingga larut malam. Sebagai ‘makhluk siang’, manusia semestinya sudah menghentikan aktifitas kerja beratnya pada pukul 21.00. Paling tidak, pilihlah pekerjaan yang ringan. Kalau bisa,”Pada jam-jam setelah 21.00, perbanyak rileks dan kegiatan humor,” kata Alex.
Mengapa perlu mengurangi kegiatan berat pada malam hari? Sepanjang malam, ungkap Alex, terjadi proses detoksifikasi dalam tubuh. Pada 21.00 hingga 23.00 terjadi detoksifikasi atau proses penghancuran racun oleh limfe, pada 23.00 hingga 01.00 detoksifikasi oleh hati, 01.00 hingga 03.00 detoksifikasi oleh empedu.
Dilanjutkan detoksifikasi oleh paru-paru pada 03.00 hingga 05.00 dinihari. Karena itulah antara 03.00 hingga 05.00 orang kerap terbatuk lantaran banyak racun yang dibuang paru-paru. Sedangkan pada 05.00-07.00 adalah proses detoksifikasi oleh usus. Itulah saat terbaik buang air besar. Waktu sarapan terbaik adalah antara 07.00 hingga 08.00. ”Setelah itu manusia dapat melakukan kerja-kerja berat lagi,” tambah Alex.

Tidur tujuh jam

Berapa lama waktu tidur yang sehat? Alex menyebut 7 hingga 8 jam sehari. Tidur adalah saat terbaik proses perbaikan sel-sel tubuh. Orang yang kurang tidur lazimnya memiliki umur lebih pendek lantaran berpeluang didera penyakit degeneratif akibat mutasi sel. Begitu pula sebaliknya. Riset dari Asosiasi Kanker Amerika bahkan menyatakan tidur sembilan jam sehari lebih berisiko ketimbang tidur empat jam sehari.

Berumah tangga

Bermain dengan anak cucu, bagi R H Abdulah, 84 tahun, tak ubahnya gizi mental. ”Bahagia sekali bisa bermain bola dengan mereka!” kata warga desa Sukamaju, Sukabumi, itu berbinar. Dukungan keluarga berperan amat besar dalam menjaga kesehatan jiwanya.
Riset tahun 1996 oleh RAND Center for the Study of Aging di AS menunjukkan bahwa pria menikah terbukti dapat hidup lebih lama ketimbang pria melajang. Para pakar gerontologi berpendapat, pria menikah memperoleh benefit kejiwaan dari pasangannya, antara lain memiliki tempat curahan hati dan merasa ditemani terutama di kala sakit.

Hindari Stress

Prof Hardinsyah menamainya penyakit masa kini. Stres. Inilah pembunuh jutaan manusia moderen. Stres adalah bom waktu yang membetikkan pelbagai penyakit degeneratif : mulai jantung, diabetes, penyumbatan pembuluh darah, stroke, hingga kanker. Stres, kata Hardinsyah,”Memicu kerusakan DNA,”.

Secara medis, stres akan melonjakkan kerja alat-alat tubuh seperti jantung, saluran darah, kelenjar, atau saraf. Yang terjadi kemudian, kata Probo, adalah ketidakseimbangan. ”Kadar gula darah membumbung tinggi, misalnya,”. Terdongkraknya kadar gula sudah cukup untuk memerosotkan sistem kekebalan tubuh.

Satu-satunya sikap mental yang bisa menunjang umur panjang, kata Probo, adalah ikhlas. ”Menerima semua keadaan. Menyenangkan atau tidak menyenangkan,” tuturnya.

Adung Arba (91 tahun) membuktikan resep ikhlas ini. Saat perang zaman dulu, dia pernah berada persis di sebelah rekannya yang kepalanya tertembus peluru. Dia menyaksikan betul proses kematian rekannya itu. ”Kalau mau dipikirkan jelas soak (stres,red),” ungkap mantan pegawai PT Pindad itu. Kematian itu dia anggap sebagai ketentuan Allah yang akan dilalui semua orang.
Adung juga pernah ditinggal selingkuh istrinya sebulan setelah berangkat perang. Ia ingin menembak istri dan selingkuhannya. Tapi Arba sadar bahwa masalahnya akan menjadi ringan jika dihadapi dengan lapang dada. Satu lagi sikap penunjang umur panjang adalah husnudzon atau baik sangka. Inilah intisari berpikir positif. Orang yang selalu berpikir husnudzon, akan merasa damai, tenang, dan tentram. ”Seperti rasul dan para sahabat-sahabatnya,” kata Direktur Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Prof Afif Muhammad. ind/ren/nri/imy

Republika 6 Januari 2008

2 responses to this post.

  1. wah…kalo mau hidup sehat banyak yang harus kita lakukan..
    banyak yang harus diubah.Pola hidup..lingkungan..pola makan. kalo mau baca aja blog ku..hahaha
    salam kenal ya

    Reply

  2. Posted by hanifa on February 21, 2008 at 1:43 pm

    iya Dod sama-sama
    pantes komen sama topik ini, mahasiswa FK🙂
    pas sekali bicara tentang kesehatan🙂
    pola hidup jaman sekarang yang tidak sehat terutama kurang gerak dan tidur tidak teratur

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: