Biduran / Gatal-Gatal Karena Alergi

Bila sakit Saya prefer ke pengobatan alami,  untuk biduran (gatal-gatal karena alergi), orang tua menyarankan air kelapa hijau. Beberapa waktu lalu di badan saya muncul bentol kemerahan dan gatal,   saya biarkan saja paling saya usap dengan minyak kayu putih tidak hilang juga. Penyakit ini sepertinya bukan gatal biasa yang bisa sembuh begitu saja karena selain rasa gatalnya yang menetap juga sudah seminggu lebih tidak kunjung sembuh.  Selain rasa gatal yang membuat saya jadi tidak nyaman tidur, rasa gatal ini juga berbentuk beberapa bentol kemerahan dilengan dan di pungung sebelah kiri , makin digaruk makin gatal.  Saya ingat dengan kelapa hijau,  saya coba minum 2 kali malam hari dan besok pagi,  alhamdulillah sembuh.
Ini ada cerita pengalaman seorang ibu menggunakan air kelapa hijau untuk mengobati anaknya yang mengalami biduran lebih dari setahun dan sembuh.

.

+/- dua yll, anakku Domi juga gitu, waktu itu usianya
skeitar 2 tahunan, bidurannya hampir setiap hari, kalau
bisa cuma pakai bedak or kayu putih aja aku gak begitu
stress, tapi kasus Domi kalau belum minum obat gak bakal
hilang tuch biduran. Waktu itu DSA nya Domi ngasih resep
Ryzen katanya aman untuk pemakaian jangka panjang, aku
sampai stress konsultasi kemana-mana, bayangin aja anakku
semata wayang harus konsumsi Ryzen setiap hari, dari
dokter anak sampai dokter anak spesialis alergi aku
kunjungi. Rata-rata pendapatnya sama, cari pencetus alergi
(aku udah cari sampai pakai metode provokasi dan
eliminasi) gak berhasil juga nemuin tuch pencetus alergi,
mau di Prick Test, Dominya ngamuk sampai dokter alerginya
ditendang, jadi enggak memungkinkan dilakukan. Samapi
waktu itu aku tuch udah stress banget, aku minta blood
test sama dokter alergi Domi, waktu itu beliau coba
menenangkanku dan menyarankan blood test tidak dilakukan
selain harganya mahal, tidak b isa 100 % juga mencari
faktor pencetus alergi, hampir semua dokter berpendapat
bahwa biduran itu alergi yang sangat spesifik karena bisa
datang dan pergi tanpa ketahuan kapan. Waktu itu Domi
biduran +/- hampir satu tahun penuh, pas usianya yang ke
3, aku iseng-iseng atas saran temen meminumkan air kelapa
hijau ke Domi, waktu itu aku perhatikan kok bidurannya
jauh berkurang, malah setelah 3 hari Domi mengkonsumsi air
kelapa hijau bisa lepas obat, aku teruskan air kelapa
hijau tsb sampai skeitar 20 harian, bener-2 Domi bisa
lepas obat dan bidurannya hilang, langsung aku konsult ke
DSA nay Domi, beliau bilang secara medis belum ada
penelitian tapi kalau cocok gak adal salahnya dilakukan
karena air kelapa hijau cukup bagus karena mengandung
kalium yang tinggi.

Aku terus terang belum yakin juga biduran Domi sembuh
karena kelapa hijau or memang tuch alergi udah hilang
sendiri seperti pendapatan dokter-dokter yang aku
kunjungi, biduran bisa hilang tiba-2. Tapi aku bersyukur
sampai saat ini +/- 2 tahun Domi jarang sekali biduran,
kalaupun muncul bisa diatasi dengan kayu putih or
caladine/calamine tanpa obat dan langsung aku suruh minum
air kelapa hijau lagi baisanya rutin 1 minggu.

Sekian sharringnya,

Salam,
Rita (mama Domi)

22 responses to this post.

  1. Posted by tegas on Oktober 14, 2011 at 3:00 pm

    tq informasinya bu’..

    Balas

  2. Posted by maya on November 29, 2011 at 2:18 am

    cerita dari sis langsung menghilangkan kekawatiran saya
    thanks atas infonya

    Balas

  3. Posted by Harjanti on November 29, 2011 at 4:31 pm

    Mf tlapak tangan saya sering tiba2 gatal sekali lalu bengkak kmerahn dan mengencang tapi tidak lama akan sembuh sendiri biasanya itu karena saya memegang debu tertentu, apa ini termasuk biduran kah ??

    Balas

    • Posted by Hanifa on Desember 1, 2011 at 6:10 am

      kalau dilihat gejalanya mirip dengan biduran, gatal karena alergi
      sesuatu. Bisa juga debu atau benda lain. Saya dulu pernah gatal-
      gatal ditelapak tangan, ternyata alergi sama sabun cuci merek
      tertentu.

      Balas

    • Posted by dian nismara on Juni 10, 2013 at 4:13 pm

      saya dulu juga pernah, telapak tangan kalo memegang sesuatu yang kotor jadi gatal2, telapak kaki juga, sampe nginjak keset gak berani.
      sepertinya alergi debu aja. kalo dicuci pake sabun kembali sembuh. tp sekarang sudah enggak lagi.
      tp yg menyiksa,, biduran berbulan2 tak sembuh2, orang jualan kelapa saya tanya kelapa ijo ada yg bilang sama aja ma kelapa biasa, kadang harganya mahal n susah nyarinya. pasrah…
      tiap 2hari minum obat bidur. skr berapa pinggang kanan sebah, smg tak ke ngaruh ke ginjal. *takut*

      Balas

  4. Posted by novie natariani pulungan on Januari 13, 2012 at 12:39 pm

    makasih y mbak atas infonya…anak saya sekarang juga lagi sering biduran…asal di kasih obat entar 2-3 har kambuh lagi…dah hampir sebulan seperti in terus…besok saya mau coba kasih kelapa hijau…semoga cocok…amien…

    Balas

  5. Posted by fatmawati ismail on Maret 29, 2012 at 2:23 pm

    anak sy yg berumur 11 bln sdh hampir dua bulan gatal-gatal. awalx hanya mncul bisul2 kcil dan merah. sy sdh bwa ke dokter beberapa kali, katanya alergi susu. tp stelah brhenti ,mnum susu gatal2x msih ttp mncul, bahkan gatal sluruh tubuh. bkn dlm bntuk bsul tp bntol2 sprti hbis digigit nymuk. sy sdh coba berbagai mcm obat gatal, dri salep sampai bedak gatal, tp tdk smbuh2. tp stlah sya dpt info ini sy akn coba mmberi ank sya mnuman air kelapa hijau, mdh2an gatal krn alergi ank sya bsa smbuh. tp apakah anak sy msh bsa tetap mnum susu klu gatalx sdh hilang?

    > Hanifa
    Kalau masih minum susu tetap gatal2x berarti bukan alergi thd susu. Coba saja beri air kelapa hijau secara rutin, nanti bisa dilihat hasilnya. Semoga cepat sembuh..

    Balas

  6. Posted by fatmawati ismail on Maret 30, 2012 at 4:07 am

    mkash banyak atas info dan sarannya.

    Balas

  7. Posted by indegy on Juni 3, 2012 at 2:56 pm

    info yang sangat bagus dan membantu, gatal2 penyakit yang kelihatan remeh tapi sangat dan sangat mengganggu
    Terima kasih

    Balas

  8. Posted by Naning on Juni 26, 2012 at 3:49 am

    sy alergi sudah 4thn, sy bingung cri obat yang kyk gmna lg?
    dokter umum smpe spesials kult sdh aja sy kunjngn, bukt.a gada hasl yg memuaska mereka hanya bsa kask sy obt2an yg ujung2.a bkn lambung sy sakt sesak nafas seperti asma krna alergi gk keluar lari.a sakt ke lambung, blm juga harus minum obt2an tiep hari,
    kadang it bkn sy prustasi..
    sy sudah terbiasa sma rasa gatal it, tpi sy malu kalo alergi sy it muncul d bgian wajah sy apalgi dlm momen2 spesial :'(
    skrng sy mau mask IPDN sy takt dngn ada.a alrgi ini sy gk ktrma, padahl it adalh impian sy?
    sy sudah coba sgala macm obt, cra tetep aja gk bsa!
    tolong sy :(

    Jawab >

    Coba mbak Naning minum air kelapa hijau secara rutin, mudah-mudahan sembuh.

    Balas

  9. saya akan ,mencoba tips ini. karena udah sebula saya terkena gatal2…..

    Balas

  10. tolong specific lagi kelapa hijau dengan daging atau tanpa daging yaks, agar lebih manjur …

    terima kasih
    Sy

    jawab> airnya saja

    Balas

  11. Posted by teguh wiyono on Januari 25, 2013 at 3:13 am

    terimakasih atas infonya, kebetulan anak saya umur 26 bulan juga sedang biduran, kasihan melihatnya setiap biduran selalu garuk dengan keras pada kulitnya, semoga Allah memberikan kesembuhan melalui air kelapa hijau ini, jazakumullahu khoiro.

    Balas

  12. Saya kok setiap hari biduran, padahal kemarin uda periksa ke dokter katanya ada masalah pada gigi. tapi setelah giginya di cabut kok tetep kumat terus ya :(

    Balas

  13. Posted by richard on April 23, 2013 at 7:18 pm

    tq bngt atas saran’y…sy akan mencoba’y, sy sdh 2 thn kena gatal2 alergi, sy tdk sanggup lg nahan gatal’y, ini bnr2 sangat menyiksa, berobat kedokter sy sdh bosan, karna ga ada guna’y, mudah2an sy berjodoh dgn ini
    terima kasih atas saran’y

    Balas

  14. Posted by yen on April 30, 2013 at 4:50 pm

    Thx bgt buat infonya gan. Bsk mau sy coba. Uda hampir 2 thn gatel2 ga ilang, setelah lahiran. Sampe seluruh bdn borokan digaruk2 terus keluar darah. Tgn uda jd keras kulitnya pd lecet semua. Uda kedokter sana sini ga ada hasil. Smoga kelapa ijonya berhasill..

    Balas

  15. Posted by Julia Purba on Juni 24, 2013 at 9:31 am

    Tks bgt Bu atas info nya. sy sdh hampir 3 bln mengalami biduran di sekujur tubuh. Dan ini yg ke-2 kalinya, setelah setahun lalu untuk pertama kalinya saya kena biduran ( selama 4 bln ).
    Dan biduran sy itu setiap harinya kumat. Kl sy sdh tdk tahan lg, baru sy makan obar dokter. Sy sdh kemana2 berobat n trakhir Prick Test. Nah, hasilnya sy alergi Debu, Bulu Anjing, Tungau n Kopi ( pdhl sy tdk meminum kopi loh ). Stlh tes, sy takut mengkonsumsi obat dokter stiap hari, sy coba lah herbal. tp blm jg menunjukkan hasil. Dan ini atas info Ibu, sy akan coba. Mdh2n berhasil dan bt semua pasien yg biduran, jgn putus asa. Setiap penyakit pasti ada obatnya. Butuh usaha dan berdoa. Karena dokter ajaib itu hanya Yang Maha Kuasa. Amin.

    Balas

  16. saya juga srg biduran udah lama juga. minum air kelapa ijonya dicampur pake madu atau gak ya ? soalnya liat” di internet ada yang bilang dicampur dengan madu ..sementara saya lihat khasiatnya kalo air kelapa ijo dicampur dengan madu itu untuk menaikkan gairah seksual . saya jadi takut+bingung..
    sebelumnya mw tanya ini kelapa ijo yang sabutnya pink kan ?
    mohon infonya

    jawab:
    saya nggak begitu memperhatikan warna sabutnya. tapi sepertinya pink warna sabutnya

    Balas

  17. Posted by syahrul on Mei 10, 2014 at 3:02 am

    sya skrng sdng mengalami alergi hampir 2 hari se x kambuh.pdhal sy sdh pantang makanan yg menybbkan alergi dan sdh mnum klp hjau namun blm jg smbuh.lau blm mnum insidal obt alergi g akn smbuh alergi sy.jd sy mau tny obt tau bgmn biar spy alergi sy tdk kmbli lgi.thanks

    Balas

  18. Posted by harianto on Mei 16, 2014 at 3:23 am

    saya alergi debu dan keringat sdh setahun lebih. skrg saya coba minum air kelapa ijo setiap pagi sesudah bangun tidur dalam keadaan perut kosong. sudah ada perubahan lebih baik……mungkin akan minum selama 3 bulan.

    Balas

  19. Saya sudah 1 bulan lebih biduran. Kelapa ijo ini sama kyk yg dijual di pinggir-pinggir jalan ya bu? Bisa ngga ya pakai kyk Fatigon Hydro gitu kan kelapa juga?

    jawab> Kelapa Ijo ada dijual pedagang kelapa yang dipinggir-pinggir jalan. Coba tanya sama pedagangnya biasanya yang jual kelapa juga menjual kelapa ijo.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

