Manfaat Buah Lemon

imagesYWCLISW0

Kita semua pasti tau yang namanya buah lemon. Asam sih emang, tapi punya kandungan vitamin C yang tinggi. Selain vitamin C, buah lemon juga mengandung beberapa unsur lain kayak asam sitrat, kalsium, magnesium, bioflavonoids, pektin, dan limonene. Zat- zat ini mampu mencegah infeksi. Dan hebatnya lagi nih, dengan kandungan zat sehat seperti ini, lemon bisa mengobati beberapa penyakit.
Berikut 15 penyakin hanya dengan lemon.

 

Manfaat Kesehatan Lemon

Minum air lemon hal pertama di pagi hari adalah sangat baik untuk membersihkan hati  (liver).

Lemon juga merupakan sumber asam sitrat, kalium, kalsium, fosfor dan magnesium.

Berikut ini adalah ringkasan singkat dari beberapa manfaat kesehatan utama air minum lemon secara teratur.


1.  Lemon Berkhasiat sebagai Obat

Lemon  membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen dan dekomposisi jaringan

Lemon membantu dalam “membersihkan sistem dari kotoran” dan akan membantu mencegah penyakit

Lemon  efektif untuk melarutkan asam urat (sering menjadi penyebab rasa sakit dan peradangan pada sendi) dan racun lainnya dalam tubuh

Lemon dapat membantu mengurangi gejala malaria, rematik, asam urat, rakhitis dan TBC.

2.  Bermanfaat bagi Liver

Lemon merupakan stimulan yang sangat baik untuk hati. Air jeruk lemon  mencairkan empedu dan membantu kontrol aliran empedu berlebih. Untuk keluhan hati, ahli nutrisi merekomendasikan minum jus lemon hangat satu jam sebelum sarapan.

AF Beddoe, penulis Ionisasi Biologi sebagai Terapan untuk Nutrisi Manusia, menulis bahwa hati dapat membuat enzim lebih banyak dari jus lemon segar daripada makanan lainnya. Dia mengatakan manfaat  lemon adalah untuk:

Menyediakan agen penguatan alami untuk enzim hati ketika mereka terlalu encer

Membantu memperbaiki tingkat oksigen dan kalsium dalam hati, yang akhirnya mempengaruhi kadar oksigen dalam darah.

3.  Membantu Pencernaan
Salah satu manfaat paling penting dari air minum lemon secara teratur adalah efeknya pada saluran pencernaan. Air jeruk lemon  membantu dalam proses pencernaan dan eliminasi.

Lemon jus adalah serupa dalam struktur atom untuk air liur, asam klorida, empedu dan jus lain lambung pencernaan.

Jus lemon membantu meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti maag, sendawa dan kembung. Untuk menghilangkan mulas, Kloss merekomendasikan mengambil satu sendok teh jus lemon dalam setengah gelas air.

Air jeruk lemon juga akan membantu untuk menghilangkan limbah melalui perut lebih efisien, sehingga mencegah atau mengurangi sembelit, diare dan gangguan pencernaan lainnya.

4.  Pilek dan Flu

Bakteri dan virus yang menyebabkan gejala flu berkembang dalam lingkungan asam dalam tubuh, karena stres berlebih dan makanan tidak sehat dan gaya hidup.

Minum air jeruk lemon memiliki efek alkalizing pada tubuh.

Meningkatkan alkalinitas tubuh adalah salah satu manfaat utama air minum lemon. Selain itu, karena sifat antibakteri, air lemon akan membantu mengontrol bakteri yang tidak sehat.

Untuk sakit tenggorokan, Kloss merekomendasikan berkumur sering dengan jus lemon, setengah encer dan setengah dengan air murni. Berkumur dengan air jeruk lemon lurus akan lebih efektif jika ditoleransi.

Namun, sering menggunakan jus lemon langsung dapat merusak enamel gigi. Jadi itu ide yang baik untuk membilas mulut dengan air yang murni setelah berkumur dengan jus lemon lurus.

Lain Manfaat Minum Air Lemon

Hanya beberapa manfaat kesehatan lebih besar air lemon, menurut Kloss dan Beddoe, meliputi:

Membantu membersihkan darah dan juga akan mengendalikan kecenderungan untuk berdarah

Membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi

Mengurangi jumlah lendir dalam tubuh

Meredakan gejala asma, alergi dan masalah pernapasan lainnya

Memberi nutrisi otak dan saraf karena kadar kalium nya sel

Membantu melarutkan batu empedu, endapan kalsium, batu ginjal, dan batu pankreas

Pada kehamilan, ini akan membantu membangun tulang yang kuat pada anak

 

Manfaat lain Lemon :

 

Spoiler for LEMON:
1. Obat Jerawat

Asam sitratnya manjur untuk menghilangkan jerawat, sementara kandungan vitamin C-nya penting untuk menghaluskan kulit. Kenapa? Karena sifat alkalinya bisa membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. Kita bisa minum jus lemon setiap pagi, atau yang lebih simple nya, ada caranya juga nih:

1. Dengan jari atau cotton ball, oleskan aja perasan lemon ke area berjerawat dan diamkan semalam. Bilas pada keesokan paginya. Mungkin awalnya area berjerawat akan terasa seperti terbakar, tapi itu cuma reaksi awalnya aja

2. Campurkan satu bagian perasan lemon dengan satu bagian air mawar atau air madu. Oleskan campuran ke area berjerawat dan diamkan selama 30 menit. Bilas, ulangi pengobatan 2 kali sehari, biasanya pada pagi dan malam hari

2. Obat Stres

Penelitian menunjukkan bahwa minyak atau balsem aroma lemon punya efek menenangkan yang bisa meredakan pusing, kelelahan, kegelisahan, rasa gugup, dan rasa tegang. Nggak cuman itu, minyak lemon juga bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus. Kita bisa dapetin manfaatnya lewat cairan pel, pewangi ruangan, aromaterapi, hingga minyak pijat.

3. Obat Sariawan

Kandungan antibakteri dan antivirus yang ada dalam sebuah lemon bisa menyembuhkan sariawan dengan segera. Coba berkumur dengan campuran perasan lemon dengan air hangat, lakukan 3 kali sehari

4. Obat Demam

Menggigil dan demam mungkin bisa jadi disebabkan oleh banyak faktor, namun lemon selalu bisa diandalkan sebagai obat yang manjur untuk keduanya. Cukup peras sebuah lemon ke dalam secangkir air hangat, tambahkan madu dan minum setiap 2 jam sekali hingga demam hilang

5. Obat Flu

Kalo kita kena flu, khasiat menyembuhkan lemon bekerja dari dalam dan luar. Dari dalam, kandungan vitamin C-nya mampu meningkatkan daya tahan tubuh; dari luar, kandungan antivirusnya yang mencegah virus berkembang biak

6. Obat Kapalan

Tempelkan irisan lemon setebal 5 mm di atas kulit kapalan, balut dan ikat, diamkan semalaman. Mengoleskan minyak esensial lemon ke area kapalan juga bisa mempercepat proses kesembuhan. Anda bisa menambahkan sedikit air dengan cotton ball bila reaksi minyaknya terlalu keras.

7. Obat Eksema/Eksim
Radang kulit bisa disembuhkan dengan menambahkan 8 tetes minyak esensial lemon dan 1 sendok makan madu (madu juga memiliki efek anti-radang dan bisa memperkuat daya pengobatan lemon) ke dalam 250 ml air hangat. Rendam sebuah kain ke dalam cairan, peras, lalu letakkan di atas kulit selama 15 menit, 2-3 kali sehari. Tidak hanya bisa meredakan infeksi, rasa gatal pun bisa hilang.

8. Obat Lelah

Para pejalan kaki dan petualang dunia menganggap lemon sebagai obat penghilang penat kiriman Tuhan yang ajaib. Saat merasa lelah, mereka tinggal menyedot cairan masam tersebut untuk bisa merasa segar kembali. Tinggal tusuk, sedot, dan minum. Selain diperas dan diminum, minyak lemon juga mampu meredakan lelah. Anda bisa menambahkan 4 tetes minyak lemon ke dalam air bathtub sebelum berendam.

9. Obat Nafas Bau
Usai makan seafood yang amis, jengkol, petai, durian , merokok, atau minum alkohol, biasanya mulut akan bau. Supaya segar, anda  bisa berkumur dengan perasan lemon yang dicampur dengan air hangat. Mengunyah irisan lemon setelah makan merupakan alternatif lain yang lebih mudah.

10. Obat Hipertensi

Bawang memang efektif meredakan tekanan darah, namun dampaknya akan lebih hebat saat kita mengkombinasikannya dengan lemon. Untuk kasus kolesterol tinggi, lemon juga bisa banyak membantu karena kandungan pektinnya yang mampu melancarkan sirkulasi gizi sehingga kolesterol bisa turun. Berikut cara membuatnya:
1. Tambahkan lumatan 3 butir bawang putih dan 1 irisan bawang bombay ke dalam 1 liter susu kedelai atau susu rendah lemak.
2. Didihkan di atas api kecil dan diamkan 5 menit.
3. Tuang melalui saringan dan tambahkan perasan 3 lemon segar.
4. Minum dan habiskan dalam sehari.

11.Obat Gigitan Serangga

Pasti pernah ngeliat iklan lotion nyamuk Soff*l kan? Salah satu produknya pake ekstrak kulit lemon/jeruk. Nah, untuk kulit yang digigit serangga, oleskan 1-2 tetes minyak lemon yang telah dicampur dengan 1 sendok teh madu di atas kulit tersebut. Untuk mencegah gigitan serangga, tambahkan 20 tetes minyak lemon ke dalam 250 ml air hangat dan semprotkan ke udara. Baunya yang segar sekaligus bisa menolak nyamuk.

Cara lain adalah dengan menempatkan rendaman cotton ball ke dalam minyak lemon di dalam kamar. Jika anda hendak cari angin di luar rumah, aplikasikan wewangian lemon ke sekitar kulit yang terbuka atau gosokkan campuran 10 tetes minyak lemon dengan 45 ml minyak biji bunga matahari.

12. Obat Insomnia

Beberapa studi menemukan bahwa balsem/minyak beraroma lemon yang dipadukan dengan calming herbs seperti valerian atau chamomile bisa membantu meredakan kegelisahan dan menuntun seseorang untuk lekas terlelap.

13. Obat Rematik

Untuk mengobati rematik, kita  bisa minum perasan 1 buah lemon segar yang dicampurkan ke dalam segelas air hangat. Minumlah 3 kali sehari, untuk rasa sakit yang lebih parah, tambah jumlah perasan lemon menjadi 2 buah. Kamu juga bisa memijat area rematik dengan beberapa minyak lemon yang dicampurkan dengan 1 sendok makan minyak jojoba.

14. Obat Pencernaan

Minum perasan 1 buah lemon dengan segelas air hangat setelah makan bisa menstimulasi produksi asam lambung dan mengaktifkan otot perut sehingga pencernaan lebih lancar.

15. Obat Varises

Minyak lemon mengandung zat yang bisa memperkuat pembuluh darah sehingga mampu melawan timbulnya varises. Untuk varises mirip sarang laba-laba (spider veins), campurkan 2-3 tetes minyak lemon dengan jojoba, alpukat, atau minyak almond dan pijat.

Sedangkan untuk varises vena (varicose veins), campur 6 tetes minyak lemon ke dalam 50 ml wheat germ oil, dan tambahkan minyak cemara dan juniper oil. Gunakan campuran ini setiap hari sebagai minyak pijat. Pijat kaki dari arah bawah ke atas.

Untuk memudakan kulit yang telah mengendur, tambahkan 8 tetes minyak lemon ke dalam air mandi hangat. Anda juga bisa menambahkan 4 tetes minyak cemara yang dicampur dengan 1 sendok makan madu. Berendamlah selama 15 menit, setelah itu tepuk kulit hingga kering (bukan digosok).

 

The surprising benefits of lemon!

I remain perplexed!
================================
Institute of Health Sciences, 819 N. L.L.C. Charles Street Baltimore , MD 1201.
This is the latest in medicine, effective for cancer!

Read carefully & you be the judge.

Lemon (Citrus) is a miraculous product to kill cancer cells. It is 10,000 times stronger than chemotherapy.

Why do we not know about that? Because there are laboratories interested in making a synthetic version that will bring them huge profits. You can now help a friend in need by letting him/her know that lemon juice is beneficial in preventing the disease. Its taste is pleasant and it does not produce the horrific effects of chemotherapy. How many people will die while this closely guarded secret is kept, so as not to jeopardize the beneficial multimillionaires large corporations? As you know, the lemon tree is known for its varieties of lemons and limes. You can eat the fruit in different ways: you can eat the pulp, juice press, prepare drinks, sorbets, pastries, etc… It is credited with many virtues, but the most interesting is the effect it produces on cysts and tumors. This plant is a proven remedy against cancers of all types. Some say it is very useful in all variants of cancer. It is considered also as an anti microbial spectrum against bacterial infections and fungi, effective against internal parasites and worms, it regulates blood pressure which is too high and an antidepressant, combats stress and nervous disorders.
The source of this information is fascinating: it comes from one of the largest drug manufacturers in the world, says that after more than 20 laboratory tests since 1970, the extracts revealed that: It destroys the malignant cells in 12 cancers, including colon, breast, prostate, lung and pancreas … The compounds of this tree showed 10,000 times better than the product Adriamycin, a drug normally used chemotherapeutic in the world, slowing the growth of cancer cells. And what is even more astonishing: this type of therapy with lemon extract only destroys malignant cancer cells and it does not affect healthy cells.

Institute of Health Sciences, 819 N. L.L.C. Cause Street, Baltimore, MD1201

 

Lemon is one of those super foods with a myriad health and cosmetic benefits. There are a few persons for whom it is an allergen, so make sure you are not allergic to this natural product, before you start enjoying the many benefits.

1. Lemon being a citrus fruit , fights against infection. It helps in production of WBC’s and antibodies in blood which attacks the invading microorganism and prevents infection.

2. Lemon is an antioxidant which deactivates the free radicals preventing many dangerous diseases like stroke, cardiovascular diseases and cancers.

3. Lemon lowers blood pressure and increases the levels of HDL (good cholesterol) .

4. Lemon is found to be anti-carcinogenic which lower the rates of colon, prostate, and breast cancer . They prevent faulty metabolism in the cell, which can predispose a cell to becoming carcinogenic. Also blocks the formation of nitrosamines in the gut.

5. Lemon juice is said to give a glow to the skin.

6. A few drops of lemon juice in hot water are believed to clear the digestive system and purify liver as well.

7. The skin of lemon dried under the sun and then ground to make powder can be applied to the hair for a few minutes before bath which relieves head ache and cools the body.

8. Applying lemon juice to acne dries the existing ones and prevents from getting more.

9. Lemon juice acts as a natural hair lightner and skin bleach which reduces the pigment melanin and prevents the risk of chemical allergic reactions which is common with hair dyes and bleaches.

10. Lemon juice is given to relieve gingivitis, stomatitis, and inflammation of the tongue.

11. Lemon juice is given to prevent common cold.

12. Lemon juice is given to prevent or treat urinary tract infection and gonorrhea.

13. Lemon juice is applied to the sites of bites and stings of certain insects to relieve its poison and pain.

14. Lemon juice relieves colic pain and gastric problems .

15. Lemon juice soothes the dry skin when applied with little glycerin .

16. Lemon juice used for marinating seafood or meat kills bacteria and other organisms present in them, thereby prevents many gastro-intestinal tract infections.

17. Lemon juice with a pinch of salt (warm) every morning lowers cholesterol levels and brings down your weight.

18. Lemon juice is the best drink to prevent dehydration and shock in case of diarrhea.

19. Lemon juice can also be used as a mouthwash. It removes plaque, whitens the teeth and strengthens the enamel.

20. A table spoon on thick lemon syrup everyday relieves asthma.

21. Lemon juice relieves chilblains and itchy skin.

22. Gargling lemon juice relieves throat infection and also used as a treatment for diphtheria .

23. Lemon juice is an excellent treatment for dandruff and greasy hair .

24. Lemon applied over the face removes wrinkles and keeps you young.

25. Lemon juice helps to prevent and cure osteoarthritis .

About these ads

13 responses to this post.

  1. ijin share yaaa… :)

    > Silahkan

    Balas

  2. nice share :)

    Balas

  3. nice, izin save ya

    Balas

  4. Posted by jannah on September 19, 2012 at 2:05 pm

    makasih infonya, emang lagi nyari2 manfaat lemon soalnya kata temen bagus banget. ijin share ya…

    Balas

  5. Posted by Amir Ruslan on Januari 15, 2013 at 10:41 am

    Alhamdulillah atas segala manfaat buah Lemion tersebut. Saya sudah beberapa bulan terakhir ini minum irisan buah Lemon yang saya rendam dalam air minum, dan satu buah lemon direndam dalam kira kira 3(tiga) liter aqua ( 2 botol @ 1500 ml), dan sepanjang hari saya hanya minum rendaman tersebut. dan saya merasakan beberapa manfaat seperti yang disebut diatas. Salam.

    Balas

  6. Posted by novita on Oktober 2, 2013 at 1:19 pm

    thxs banget infonya…,ini sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan sehat saya.

    Balas

  7. Posted by Ujang SB on Februari 14, 2014 at 3:40 am

    Newbie..ijin comment ” saya pernah konsultasikan manfaat buah lemon untuk lambung eh malah saya ditertawaiin sama dokter..gimana nich ? Dokter yg saya ajak bicara adalah dokter di VIP salah satu Rumah Sakit..saya bilang benarkah air buah lemon bisa menekan asam lambung..dia bilang mana ada seperti itu lemon kan asam citrat yah makin parah donk…hahahahahaha.

    jawab> tepatnya lemon itu baik untuk membersihkan pencernaan dan memang untuk melancarkan pencernaan, coba saja, saya sudah buktikan. Tapi kalau untuk sakit maag yang parah memang harus hati-hati karena ada iritasi di lambung kalau kena makanan asam memang jadi tambah sakit. Tapi dilain pihak lemon itu kaya akan vitamin C sehingga akan cepat menyembuhkan luka dan iritasi termasuk iritasi di dalam tubuh seperti pencernaan. Jangan air lemonnya sedikit saja supaya tidak terlalu asam.

    Balas

    • Sampai sekarang saya tetap minum irisan lemon yang direndam dalam air sebagai minuman harian saya. Alhamdulillah sakit maag yang pernah saya derita sudah hilang sejak dulu dan tidak pernah kambuh lagi dan perut saya tidak pernah kembung lagi dan merasa nyaman. dan buang air selalu lancar. Semoga bermanfaat.

      Balas

  8. Posted by eulis kd dari belanda on April 17, 2014 at 4:58 am

    saya setiap hari ninum irisan lemon pagi dan sore semoga bermanfaat

    Balas

  9. Lemon apakah baik buat asam lambung karena maag beda dengan asam lambung jadi bingung karena kalau asam lambung mulut sampai berasa asam jadi takut mau konsumsinya , mohon share yang pernah asam lambung terimakasih

    Balas

  10. Posted by Icha on Agustus 3, 2014 at 5:27 am

    Ayah saya penderita maag sudah lebih 2 tahun dan berobat rutin pd dokter spesialis dalam. Sampai skrg belum ada tanda2 penyembuhan. Berencana akan memberhentikan obat dr dokter dan akan beralih ke obat herbal (air lemon). Bgaimana caranya yg terbaik? Mohon advice. Thanks

    jawab>
    Kalau sakit maag saya anjurkan gunakan kunyit, sangat ampuh. Saya dulu pernah mengalami sakit parah tidak bisa makan cabe rawit. Berobat ke dokter tidak sembuh2 tapi ternyata bisa sembuh dengan kunyit. Sekarang Alhamdulillah bisa makan apa saja dan tidak kambuh lagi. Coba mbak cari di blog saya ini ada pengobatan untuk sakit maag. Semoga cepat sembuh ya

    Balas

  11. Terima kasih atas informasi yang sangat menarik dan bermanfaat. Dengan dibuatnya artikel ini pembaca dapat mengetahui manfaat lain dari buah Lemon. Memang sebenarnya masih banyak cara alami untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. :-)

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: