Gondongan Pada Anak

Seminggu yang lalu anak saya kena penyakit Mumps,  orang bilang penyakit Gondongan. Gejalanya sakit dileher dibawah telinga, tadinya saya pikir sakit tenggorokan karena waktu dia tilpon saya sedang berada di kantor.  Saya minta dia  untuk makan yang banyak minum susu dan tidur. Pada malam hari tubuhnya mulai hangat  menjelang tidur badannya panas, saya sudah mulai menduga kalau kena penyakit gondongan, soalnya saya jadi ingat dia belum imunisasi MMR, karena terus saya tunda dan akhirnya kelupaan, padahal umurnya sekarang sudah 7,5 th   Apa boleh buat sekarang sudah kena gondongan, ada yang bilang kalau kena penyakit ini pada anak-laki-laki nanti bisa mandul, tapi sih nggak juga soalnya suami dan sepupu saya juga pernah gondongan waktu kecil tapi normal tuh   bisa punya buntut  :)

Malam hari saya beri obat penurun panas, tapi  yang jadi masalah makannya  susah karena kalau buka mulut dia merasa kesakitan.  Untuk makan susah sekali, untuk membuka mulut dan mengunyah dia selalu kesakitan. Padahal kalau makan malam anak saya ini lahap makannya. Besok pagi badannya masih panas dan tidak mau makan  dan mulai terasa mual, makan sedikit muntah, malah makanan yang masuk sedikitpun keluar semua. Akhirnya saya bawa ke dsa (dokter anak) dekat rumah.

Saya tahu gondongan disebabkan oleh virus dan tidak ada obatnya. Sama dokter dikasih resep  yang bukan untuk mengobati penyakitnya, resepnya  tertulis : Amoxan, Luminal, Prednison, Mucohexin dan Nalgestan yang dijadikan satu jadi Puyer dan Cohistan sirup. Ini semua  obat radang tenggorokan/batuk pilek padahal anak saya tidak ada radangnya karena kalau menelan tenggorokannya tidak sakit dan juga tidak batuk. Buat apa minum antibiotik Amoxan  ???   lebay…

Sebenarnya  tujuan saya ke dsa mau minta obat anti mual dan penghilang rasa sakit karena dia tidak mau makan, apa yang saya minta  tidak penuhi sama dsa, katanya mualnya nggak apa-apa itu karena perutnya kosong jadi kembung dan mual.   Sudahlah…

Sampai besokpun anak saya tidak mau makan, maunya minum susu saja, saya khawatir mualnya bisa makin parah karena tidak masuk makanan padat. Untuk menghilangkan rasa sakitnya kata orang-orang tua dulu  pakai Blau, ( itu loh  serbuk yg digunakan  untuk membirukan pakaian  supaya terlihat putih )  …he..he.. gimana  ya kok pakai blau  tapi sudahlah saya coba saja soalnya saya nggak tahu lagi mesti memberi obat  apa untuk mengurangi rasa sakit dibawah kupingnya yang sudah membengkak… Tapi ternyata benar loh setelah saya olesi Blau …rasa sakitnya sudah mulai berkurang dan sudah bisa buka mulut tapi masih mual dan muntah kalau makan.

Untuk obat mual dan muntahnya  akhirnya saya tanya ke Mbah Google …ada pengalaman seorang bunda yang anaknya muntah –muntah nggak mau makan ..dikasih obat anti mual primperan syrup ….(trima kasih bunda ya). Sebenarnya obat anti mual juga ada yang alami seperti perasaan daun pepaya, menurut saya yang alami lebih baik

Setelah diberi obat anti mual  1 sendok teh 0,5 jam sebelum makan    anakku mau makan… Sempat 3 kali aku beri obat anti mual  besoknya sudah normal kembali mau makan. Alhamdulillah beberapa hari kemudian akhirnya sembuh …

Jadi obat yang diresepkan dsa sama sekali tidak aku beri ke anak. Obat yang aku beri  cuma obat penurun panas, blau, obat anti mual, vitamin serta aku beri makan dan susu yang banyak untuk memperkuat daya tahan tubuhnya.

Gondongan disebabkan oleh Virus yang menyerang kelenjar ludah, kelenjar ludah ini letaknya dibawah leher sampai ke rahang, penyakit ini bisa menular melalui air ludah. Gondongan tidak ada obatnya  karena nanti virus akan mati sendiri. Obatnya  adalah daya tahan tubuh anak.

46 responses to this post.

  1. Posted by maya on November 9, 2009 at 5:13 am

    makash infox, kbtln anak sy lg kn pnykt ini,,

    Balas

  2. trima ksh infox, semga bermanfaat

    Balas

  3. Posted by silatsunda on April 1, 2010 at 12:46 am

    Bila anak kita atau diri kita atau siapa saja sakit. Langkah pertama adalah Tobatkanlah dosa2 kita dulu (dari aqil balig sampai skrg-kalau anak kita belum balig dan dia sakit berarti ada dosa orang tuanya, Tobatkanlah-baca do’a nabi Yunus as ketika berada didlam perut ikan Nun 40 hari 40 malam-La illaha illa anta subhanaka inni kuntum minad dhoolimin-bgtlah bhs arabnya-mhn maaf ditulis bukan pake bhs arab). Lalu berobat secara lahiriah. Dan ingatkan dalam hati kita (hujamkan dalam hati kita bahwa yang menyembuhkan adalah Tuhan bukan obat, bukan primperan walaupun diminum, bukan dokter, bukan tabib, bukan air, dan bukan dll). Tidak ada satupun sesuatu yg berlaku tanpa izin Tuhan. Org sehatpun akan sakit bila Tuhan berkehendak sakit. Org sakitpun akan sembuh bila Tuhan berkehendak sembuh. Org sehat yg gizinya baik, makannya baik, dah dijaga sedemikian rupa kesehatan dia dengan macam2 cara tapi kalau Tuhan menghendaki sakit, sakitlah dia. Berobat ke dokter yg canggih sekalipun, biaya mahal kalau Tuhan menghendaki sakit, sakitlah dia.
    Org miskin tidak punya apa2 berobat ke Tabib atau ulama, lalu diberi air doa, bila Tuhan menghendaki sembuh sembuhlah dia. Artinya apa? Hubungkanlah segala sesuatu itu, setiap kejadian itu dengan Tuhan, agar kita tidak jatuh syirik. Sedangkan syirik ada 2 syirik jali (jelas) dan syirik (khofi-syirik tanpa sadar-masalah dalam hati kita).

    Balas

    • Posted by mumammad jamal on Juni 18, 2010 at 2:52 pm

      bu … ibu kok narsis banget… parah abis wonga penyakit kok di hubungkan dengan dosa leluhur..? waduh jaman gini masih ada ginian…..

      Balas

      • Posted by Sumi on April 14, 2012 at 1:20 pm

        Betuulll gak masuk akal,,,,,,hmmmm hari gini penyakit kok tobat,,,,hadeeewwww capeeek deeeeeh

    • Posted by shan on April 25, 2012 at 3:20 am

      subhanalloh, semua penyakit datangnya dari tuhan, yaaaa jelas kita minta kesembuhan dari tuhan. meminta mpunan dari dosa dan dengan cara berdo’a. tapi harus dibarengi dengan berikhtiar minum obat/ k dokter/ lainnya

      Balas

    • Posted by Sarifah on Agustus 8, 2012 at 3:00 pm

      Lebayy bgt sih ibu satu inii……

      Balas

    • Posted by zadkiel on November 17, 2013 at 11:39 pm

      zaman sekarang memang sudah banyak kesyirikan. menduakan Tuhan dengan dokter dan obat (dukun modern). yang mengarahkan ke taubat dimusuhi. smoga yang emosi diberikan penyakit agar bisa merenung dan meminta maaf hingga smakin dekat dengan Allah. amin.

      Balas

  4. thank’s infonya…

    Balas

  5. Posted by Dian on Mei 15, 2010 at 5:57 am

    Makasih mba infonya, kebetulan adik saya lagi sakit gondongan ini, searching via mba google terus ketemu tulisan mba ini…

    Balas

  6. Posted by saely on Mei 31, 2010 at 2:49 am

    bener lho

    Balas

  7. Posted by windy on Juli 13, 2010 at 9:35 am

    Makasi sharingnya ya mba,kebetulan anakku lg gondongan jg.
    Mba, kalo boleh tau waktu itu bengkaknya sebesar apa ya? n serbuk Blau itu beli dmana ?

    thx.
    Windy

    Balas

  8. Posted by Syamsu Fajar Mugni on Juli 16, 2010 at 7:15 am

    nice info…..kasihan banget kalo ngelihat anak kecil lagi sakit.
    tapi kita harus tetap harus yakin bahwa setiap penyakit itu pasti ada obatnya (untuk membuat kita sebagai orang tua menjadi lebih tenang dan sang anak juga semakin semangat untuk lekas sembut)……..at least sang waktu yang mungkin bisa mengobatinya.

    Hatur nuhun.
    (ayah dari seorang anak yang kebetulan lagi kena penyakit gondongan)

    Balas

  9. Posted by rusma on Maret 21, 2011 at 9:51 pm

    info yg baik & sangat membantu saya menangani buah hati yg saat ini skt gondongan. Alhamdulillah, meski tubuhnya lemas tapi mau makan & minum susu. trims.

    Balas

  10. Posted by ari3fpipi7 on Mei 6, 2011 at 2:18 am

    wah,artikel anda bagus sekali,dan sesuai dengan apa yang saya butuhkan saat ini.
    saya sangat terkesan dan setuju dengan postingan di atas.
    saya akan kembali lagi lain kali untuk membaca postingan anda yang lain.
    terima kasih dan tetap semangat
    (www.anaksehat4lifetransferfactor.wordpress.com)

    Balas

  11. artikelnya bagus banget…dari virus yach…. aku lagi coba PROPOLIS karena bisa sebagai anti virus dan anti mual juga…bismillah semoga daya tahan anakkku bisa lebih baik…

    Balas

  12. Posted by lucyray's mom on Juli 6, 2011 at 2:59 am

    makasih yaaa ubtuk infonya bundaaa..skrg anakku lg sakit gondongan nii..tadinya ga prcaya sm obat blau n katany ad yg blg pake cuka jg!!tp bismillah aj deh..doain anakku cepet sembuh ya!

    Balas

  13. Thx atas info nya bunda, aku benar tertolong dengan anak yg juga lagi sakit gondongan krn blm vaksin MMR

    Balas

  14. thanks ya…infonya luamyan bagus…

    Balas

  15. Posted by uwie on Oktober 5, 2011 at 1:45 pm

    makasih mbak.. hufftt.. sedih liat anak ku panas y tinggi.. tdi ke dokter dikasi anti virus puyer, vit B complex sama sanmol.. alhamdulillah anak y masih aktiv cuma klo cium pipi y dia sakit..

    Balas

  16. Posted by cynthia on November 8, 2011 at 12:30 pm

    thanks berat Hanifa, anak saya gondongan sejak seminggu yl. Bengkaknya di bawah rahang kiri, bukan di bawah telinga. Menurut dokter bukan gondongan, katanya gondongan bengkaknya di bawah telinga. Setelah saya cek di buku biologi anak saya ternyata kelenjar ludah ada juga yg di bawah rahang. Obat yg diberi dokter antibiotik (Biolincom), obat bengkak (Eflagen/Cataflam) dan obat alergi (Celestamine). Menjelang 3 hari, bengkak pindah ke bawah rahang kanan. Saya kembali lagi ke dokter dan obat2an yg diberi sama seperti yg pertama, hanya ditambah untuk 3 hari.
    Hari ini setelah 8hari dan obat2an sudah habis… gondongannya masih ada di bawah rahang kanan.. Saya sudah seddddiiiiihhh sekali..
    Kemudian saya teringat mbah Google dan menemukan artikel ini… Semangatku bangkit dan langsung saya membeli Imboost Force = vitamin untuk menguatkan daya tahan tubuh.. dan vitamin C…

    Balas

  17. Posted by astrid savitri on Desember 7, 2011 at 12:50 pm

    terima kasih atas postingannya, ini benar2 membantu saya yg agak panik krn masalah yg sama…

    Balas

  18. Posted by R.Paskalani on Desember 24, 2011 at 1:02 am

    kebetulan hari ini ank saya kena pembengkakan di sebelah kanan bawah pipi yg kata orang gondongan , saya lagi coba cari blau( warnanya biru) tapi skg sulit sekali carinya .. thank atas semua infonya ya.. sukses selalu

    Balas

  19. Posted by Hj. Yudha R Husaini on April 17, 2012 at 6:37 am

    Anak saya saat ini sedang kena gondongan, penyakit ini dikarenakan virus dan memang tidak ada obatnya, cukup dikompres air dingin di tempat yg sakit, dan di massage secara perlahan akan membuat anak nyaman dan mengurangi rasa sakitnya. kasihan sekali…selera makannya berkurang, namun dengan makanan lembek/bubur, akhirnya makanan bisa masuk juga. Lumayan…agar daya tahan tubuhnya lebih kuat, selain itu diberi minuman Susu dan Vitamin….midah-mudahan segera sembuh….:-)

    Balas

  20. Posted by yenny on Mei 2, 2012 at 5:21 pm

    sis, blau nya beli dimana ya? trims ya.

    > jawab :
    di warung, dipasar yang juga jual sabun cuci atau barangkali ada juga di supermarket

    Balas

  21. anakku kelas lima juga lagi kena gondongen nih. padahal waktu kecil dia sudah imunisasi MMR. Thanks ya atas sharingnya…nyari blawu dimana yah, secara di perumahanku kagak ada warung tradisional..hiks..

    Balas

  22. mana besok senin mau jadi pemimpin regu raising flag…smg lekas sembuh ya kakak…

    Balas

  23. anak saya kena gondongen tapi cari blau kok sulit sekali ya…

    Balas

  24. Posted by Reini on November 18, 2012 at 11:02 am

    Anakku jg lg terjangkit nih….. tp alhamdulillah udah g panas dan nafsu makannya tetap baik…. terus bengkaknya lama gak hilangnya? soalnya ini sudah 2mggu tp msh bengkak jg walaupun udah mengecil dibanding sebelumnya.

    Jawab >

    Terus saja diperkuat daya tahannya dengan banyak makan, minum susu, vitamin dan banyak minum air putih selain itu juga banyak tidur dan istirahat. Coba beri perasan jeruk lemon yang dilarutkan dalam 1 gelas air tambah sedikit gula diminum 2 kali sehari pagi dan sore, karena lemon mengandung vitamin C dosis tinggi dan anti virus. Semoga cepat sembuh

    Balas

  25. Posted by odi on November 24, 2012 at 6:30 pm

    oh……………..tidak ada obatnya toh…..hari ini anak saya terkenan gondongan. pagi dr dokter, dokter ga bilang ga ada obatnya. di kasi antibiotik, obat demam,vitamin, anti radang. bukan radang???? hmmm….jadi dokter tadi????
    thx atas infonya……………sangat bermanfaat

    Balas

  26. Posted by odi on November 24, 2012 at 6:32 pm

    blau atau kata sunda bulao, bisa di dapat di warung tradisional. nyarinya aga kepinggir kota

    Balas

  27. Posted by diah hartatik on Desember 5, 2012 at 12:43 pm

    terima kasih ats infox, hari ini anak sy sakit gondongan. bengkaknya blm besar & langsung saya olesi blau dicampur cuka (yg biasa di buat masak). Alhamdulilah bengkakx langsung berkurang tp sorex pipi satux ikutan bengkak jd sy oles dua2x dengan harapan hilang bengkakx. Pengalaman dr tetangga yg anakx sakit gondongan kalo g d oles blau bengkaknya bisa besar banget. blau bs di beli d warung yg jual bunga2 buat org ziarah ke kuburan.

    Saya setuju kalo sakit yg dikarenakan virus tdk ada obatx, tp bs disembuhkan dgn meningkatkan daya tahan tubuh si penderita. Hal ini saya ketahui dari dokter asing tempat saya bekerja.

    Balas

  28. Posted by bunda nisa on Desember 8, 2012 at 10:14 am

    anak sy juga mulai kemarin kena gondongan semalam mamgis terus seperti kesakitan.tp cari blawu kok sulit banget dikasi apa ya biar mengurangi rasa sakitnya kasian banget anak sy… makannya sulit,sudah sy kasi anti biotik.
    bunda mau tanya obat apa ya….yg bs kurangi rasa sakitnya selain blawu??? matur suwun

    jawab >

    sekarang memang agak sulit cari blau, coba cari di pasar tradisionil…
    selain blau saya belum tahu… coba aja pakai cuka atau air perasan jeruk lemon.

    Balas

  29. Posted by cthorest on Desember 20, 2012 at 3:09 am

    wah..artikelnya manfaat banget.. anakku lg kena gondongan jg nih. udh 3 hari panasnya,br keliatan td pagi bengkaknya.. binyun juga,aku cb ke mbah google..ternyata nemu artikel ini.tq ya buat info2nya… :)

    Balas

  30. Posted by Diant on Januari 4, 2013 at 8:10 am

    trimakasih artikelnya ya bun, ini anakku sdg sakit gondongan jg…sampe bingung mo dikasi apa… tp sy tenang setelah baca artikel ini….trimakasih skali lg…:)

    Balas

  31. Posted by Diant on Januari 8, 2013 at 4:16 am

    maaf bunda2, mo nanya lg, biasanya gondongen ini sampe brp lama ya? anak sy sdh 5 hr kok blm hilang bengkaknya? udh sy kasi blawu, minum susu dan makan yg byk, trs vitamin jg..kok blm kempis gondongnya? cmn dia ndak panas dan bs aktifitas sperti biasa..mohon info nya yaa trm kasih

    jawab >

    keponakan saya juga ada yang kena gondongan, sembuhnya hampir 2 minggu. jadi kesembuhan tergantung kondisi anak. jadi teruskan saja memperkuat daya tahan, tapi harus banyak istirahat ya termasuk cukup tidur , jangan beraktifitas dulu yang menghabiskan banyak energi, kan belum sembuh total karena masih bengkak.

    Balas

  32. Posted by 522872 on Mei 5, 2013 at 8:07 am

    saya lagi kena gondongan nih, 6 hari blm hilang, minum obat dari dokter juga, 2 hari ini sedang dikasih blau, doakan moga2 sembuh…

    Balas

  33. Posted by mama yulis on Mei 11, 2013 at 6:10 pm

    trims atas segala infonya tentang gondogan pada anak

    Balas

  34. Infonya memperkuat keyakinan kalo blau bisa mengobati gondongan walau mungkin scr medis blm diteliti setidaknya ada solusi..Alhamdulillah..terima kasih..smg anakku jg cepet sembuh,aamiin.

    Balas

    • Posted by didi on Desember 5, 2013 at 6:25 pm

      Ank saya jg saat ini sedang gondongan, dah hampir 1 minggu. Dah kedokter juga dikasih antibiotik, penurun panas dan penghilang rasa mual. Saya juga sudah oleskan blau juga. 1 hari yg lalu bengkaknya pindah ke sebelah kanan..gak tau manjur ga nya blau..yg jelas ank saya merasa nyaman ketika hbs dioleskan dan gak rewel lg tidurnya..semoga bermanfaat share ini. Amin

      Balas

  35. Posted by Rian Ginting on Februari 22, 2014 at 12:06 am

    Berhubungan dengan blau saya mau bagi pengalaman saya, Ngak tau knapa payudara saya meradang dan sakit, swaktu berobat di sarankan untuk di olesi perasan jeruk nipis d tambah blau dan dioles d bagaian payudara tanpa mengenai puting. Alhamdulillah rasa sakit dan panasnya sudah mulai berkurang. Mhn doanya ya, smoga bermanfaat. Amin.

    Jawab> lebih baik lagi kalau air perasaan lemonnya di minum secara rutin. Mudah-mudahan penyakit mbak Rian sembuh total . Amin

    Balas

  36. terima kasih infonya…..anak saya juga sedang gondongan….saya kurang yakin kalo dikasi blau…tp setelah baca artikel ini..sy jadi yakin….makasih yaaa…

    Balas

  37. Posted by Bayu on September 16, 2014 at 7:16 am

    Blau dan cuka yg sudah terkenal sebagai obat gondongan, bisa diperoleh di Warung Bu Sri, yg jual bunga untuk nyekar/ziarah ke makam, lokasinya di Pasar Soponyono Rungkut Surabaya, semoga bermanfaat

    Balas

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

